Suasana pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung DPR, Senayan, Jakarta. ANT/Sigid Kurniawan.
Suasana pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung DPR, Senayan, Jakarta. ANT/Sigid Kurniawan.

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Meleset dari Jadwal

Nasional pelantikan presiden
Damar Iradat • 20 Oktober 2019 15:10
Jakarta: Proses pelantikan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden 2019-2024 terlambat. Pelantikan yang sedianya dilaksanakan pukul 14.30 WIB, tak kunjung mulai hingga pukul 14.57 WIB.
 
Berdasarkan jadwal yang dilansir Kesetjenan MPR, pelantikan dijadwalkan dimulai pukul 14.30 WIB dan berakhir pukul 15.48 WIB. Ketua MPR Bambang Soesatyo akan memimpin sidang paripurna dan sidang diikuti seluruh anggota MPR.
 
Namun, Jokowi baru tiba di Kompleks Parlemen sekitar pukul 14.38 WIB. Jokowi tiba didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi dan Ma'ruf akan mengucapkan sumpah jabatan memimpin Tanah Air untuk periode 2019-2024. Pengukuhan Jokowi-Ma'ruf akan dihadiri para tokoh bangsa.
 
Acara dihadiri Presiden kelima Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Rival Jokowi-Ma'ruf di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, juga memenuhi undangan.
 
Sebanyak 17 kepala negara, kepala pemerintahan, dan utusan khusus negara sahabat juga hadir. Di antaranya Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan, Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad, PM Singapura Lee Hsien Loong, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, PM Australia Scott Morisson, dan Raja Swaziland Mswati III.
 
Selain itu, Menteri Transportasi Amerika Serikat Elaine Chao datang ke Jakarta menyaksikan pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin. Sementara itu, PM Shinzo Abe dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengirimkan utusan khusus.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif