Wakil Ketua Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera (Foto:MI/Ramdani)
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera (Foto:MI/Ramdani)

Komisi II Apresiasi Keputusan DKPP

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 11 Juli 2019 18:10
Jakarta: Komisi II DPR RI mengapresiasi keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang mencopot jabatan internal Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra dan Evi Novida Ginting Manik. Keputusan tersebut dianggap sebagai bentuk ketegasan.
 
"Sebetulnya bukan komisonernya yang digugurkan, tapi tugasnya pada divisi yang bersangkutan yang digugurkan, dan harus diganti yang lain. Prosedurnya sudah berjalan dengan baik. Kami apresiasi DKPP dan apresiasi KPU yang mestinya menerima kecuali kalau ternyata ada banding," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera, di Gedung Nusantara Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis, 11 Juli 2019.
 
Politikus PKS itu pun meminta agar putusan tersebut segera ditindaklanjuti oleh KPU, yaitu dengan mencari pengganti dua komisioner tersebut agar jabatan yang ditinggalkan tidak kosong.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Biasanya digantikan sekretariat jenderal, salah satu dari sekretariat jenderal naik untuk jadi Plt (pelaksana tugas) dan organisasi berjalan seperti biasa," ungkap dia.
 
Mardani menegaskan, diharapkan putusan DKPP menjadi pembelajaran bagi komisioner KPU lainnya. Diharapkan, ke depan komisioner lebih cermat dalam bekerja.
 
"Ini tentu peringatan, tamparan kepada bagi KPU pusat agar lebih hati-hati," ujar dia.
 
Sebelumnya, DKPP mencopot jabatan Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik sebagai Ketua Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Diklat dan Litbang. Evi dinilai telah melanggar kode etik.
 
DKPP juga mencopot jabatan Komisioner KPU Ilham Saputra sebagai Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Logistik. Ilham dianggap melanggar kode etik terkait penggantian antarwaktu (PAW) anggota DPR dari fraksi Hanura.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif