Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Medcom.id/ Roni Kurniawan
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Medcom.id/ Roni Kurniawan

Emil Direstui Jokowi Terapkan Denda Protokol Kesehatan

Nasional Virus Korona
Nur Azizah • 15 Juli 2020 14:19
Bogor: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) rencananya menerapkan sanksi denda Rp100 hingga Rp150 ribu bagi yang tak mematuhi protokol kesehatan. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku sudah mendapat restu Presiden Joko Widodo.
 
"Nah, Presiden sedang siapkan namanya instruksi presiden (inpres) sebagai penguatan dasar hukum untuk sanksi," kata Emil, panggilan akrabnya, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu, 15 Juli 2020.
 
Emil berharap inpres dapat keluar pekan ini. Ia berencana menerapkan sanksi tersebut mulai 27 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di Jabar akan diterapkan denda tidak pakai masker di ruang publik, kecuali pidato, kecuali makan, dan lain-lain," ucap Emil.
 
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo tengah menyiapkan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan. Langkah ini diambil untuk mendisiplinkan masyarakat yang masih abai.
 
"Yang kita siapkan sekarang ini, adanya sanksi, karena yang kita hadapi sekarang ini protokol kesehatan yang tidak dilakukan secara disiplin," kata Jokowi saat berbincang pada wartawan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 13 Juli 2020.
 
Salah satu contohnya, di Jawa Timur. Sebanyak 70 persen warga Jawa Timur belum menggunakan masker.
 
"Ini gimana? Jadi kita siapkan baru pada posisi regulasi yang bisa memberikan sanksi. Masih kita bicarakan, dalam bentuk denda, mungkin dalam bentuk kerja sosial atau tindak pidana ringan," ungkap Jokowi
 

(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif