MGN Summit Indonesia 2021: Publick Heath-Vaccine What to Expect varian baru virus covid-19. (Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)
MGN Summit Indonesia 2021: Publick Heath-Vaccine What to Expect varian baru virus covid-19. (Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)

Masyarakat Diminta Tidak Panik dengan Varian Baru Covid-19

Nasional Virus Korona covid-19 Pasien Covid-19 pandemi covid-19 Satgas Covid-19 Penularan covid-19 Pengidap Covid-19 Satu Tahun Covid-19
Anggi Tondi Martaon • 03 Maret 2021 16:01
Jakarta: Masyarakat diminta tidak panik menyikapi temuan baru covid-19 di Indonesia. Jenis virus yang dinamai B177 itu ditemukan di Karawang, Jawa Barat (Jabar).
 
"Mengimbau agar warga tetap tenang dan tak panik," kata anggota Komisi IX Nurhadi kepada Medcom.id, Rabu, 3 Maret 2021.
 
Politikus Partai NasDem itu juga meminta masyarakat lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Yakni, menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan (3M).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jangan pernah abai terhadap prokes ini. Siapa saja bisa terinfeksi, untuk itu wujud ikhtiar kita adalah melakukan prokes 3M," kata dia.
 
Selain itu, dia meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerja keras melakukan langkah-langkah preventif. Penelitian dan pelacakan harus dimaksimalkan untuk meminimalkan penyebaran.
 
"Agar dapat segera diketahui secara pasti apakah perlakuan protokol kesehatan covid-19 masih berlaku sama atau tidak bagi pasien yang teridentifikasi mutasi baru ini," ucap dia.
 
Baca: Pandemi Covid-19 Disebut Seperti Perang Dunia ke-3
 
Dia juga meminta penjagaan pintu masuk Indonesia dimaksimalkan. Setiap orang yang masuk wilayah Indonesia harus melalui proses pemeriksaan ketat.
 
"Monitoring di lapangan harus terus dilakukan oleh petugas di pintu kedatangan serta berbagai unsur yang terlibat termasuk kementerian lembaga terkait bersama Satgas Covid-19," ujar dia.
 
Sebelumnya, Satgas Covid-19 Kabupaten Karawang, Jawa Barat, memastikan dua tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Karawang yang terpapar B117. Kedua TKI tersebut masuk ke Indonesia pada waktu yang berbeda.
 
TKI berinisial M mendarat pada 28 Januari 2021 dan TKI berinisial A mendarat pada 31 Januari 2021. Mereka masuk melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
 
"Dua TKI asal Karawang itu pulang ke Indonesia menggunakan pesawat berbeda, mendarat di Bandara Soekarno Hatta," Juru bicara Satgas Covid-19 Karawang, Fitra Hergyana, saat dikutip dari Antara, Rabu, 3 Februari 2021.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif