Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Foto: BNPB
Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Foto: BNPB

94 Daerah Bertahan Jadi Zona Oranye Tanpa Perbaikan

Nasional Virus Korona pandemi covid-19
Antara • 13 Oktober 2020 22:17
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat 94 kabupaten/kota zona oranye atau wilayah risiko sedang penularan covid-19 yang belum menunjukkan perbaikan status. Daerah ini terus menjadi zona oranye selama enam pekan terakhir.
 
“Setiap pekannya kabupaten/kota di zona oranye selalu bertambah jumlahnya, maka perhatian kami berikan lebih pada kabupaten/kota dengan (zona) oranye dan tanpa perubahan enam minggu berturut-turut ini,” kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Jakarta, Selasa, 13 Oktober 2020.
 
Menurut dia, 12 daerah zona oranye tanpa perubahan ini di antaranya ada di Sumatra Utara. Sebanyak 11 kabupaten/kota zona oranye ada di Jawa Tengah, sedangan 11 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut data Satgas, per pekan ini ada 336 kabupaten/kota zona oranye atau 65 persen dari total seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Hal dinilai tidak baik karena masih banyak daerah yang tidak menunjukkan perbaikan seginifikan dalam mengendalikan pandemi virus korona.
 
“Ini menandakan bahwa daerah lengah atau sudah merasa nyaman dalam penanganan kasus covid-19. Meskipun kabupaten/kota dengan zona merah atau zona risiko tinggi cenderung menurun jumlahnya setiap pekan, namun bukan berarti kabupaten/kota harus merasa aman berada di zona oranye,” ujar Wiku.
 
Baca: Satgas Covid-19 Libatkan 1.800 Mahasiswa Sosialisasikan Perubahan Perilaku
 
Secara keseluruhan, kata Wiku, ada 53 kabupaten/kota zona merah atau wilayah dengan risiko tinggi penularan covid-19 per Minggu, 11 Oktober 2020. Sebanyak 100 kabupaten/kota menjadi zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penularan covid-19/
 
Selanjutnya, 11 kabupaten/kota menjadi zona hijau yang wilayahnya tidak memiliki kasus baru covid-19 selama dua pekan terakhir. Sementara itu, 14 kabupaten/kota menjadi zona hijau yang tidak terdampak covid-19.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif