Ilustrasi: Gempa Palu. Foto: Antara/M Adimaja
Ilustrasi: Gempa Palu. Foto: Antara/M Adimaja

Palu Baru Disiapkan

Nasional Gempa Donggala
Yogi Bayu Aji • 15 Oktober 2018 18:03
Jakarta: Pemerintah pusat menyiapkan Kota Palu yang baru di Sulawesi Tengah. Pasalnya, sulit membangun beberapa titik di Palu yang luluh lantak akibat gempa.
 
"Kita mau bangun Palu baru. Jadi, kita harus bangun masterplan baru yang mengadopsi patahan-patahan yang ada dan historikal gempa yang pernah terjadi di Palu," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin, 15 Oktober 2018.
 
Pembangunan Palu baru diperkirakan menghabiskan dana Rp5 triliun sampai Rp6 triliun. Ada tiga titik di Palu yang dibidik untuk menjadi pusat kota baru dan sedang didalami kondisi geologinya, yakni Duyu, Tondo, dan Pembewe.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Basuki pun sedang bekerja keras agar masterplan Palu baru segera kelar. Pasalnya, pemerintah menginginkan pembangunan bisa dimulai pada 2019.
 
Untuk saat ini, pemerintah bakal membangun hunian sementara (huntara) untuk warga. Sekitar 1.200 huntara ditargetkan berdiri.
 
"Satu huntara kira-kira sepuluh keluarga, dilengkapi dengan MCK (mandi cuci kakus), dapur umum, dan fasilitas kehidupan lainnya," kata dia.
 
Di sisi lain, infrastruktur seperti sekolah darurat dan rumah sakit segera bangun. Jalan di sekitar Pantai Talise juga bakal dilengkapi tanggul penahan tsunami.
 
Pembangunan, kata dia, juga bakal memperhatikan unsur ketahanan terhadap gempa. Basuki menargetkan masalah infrastruktur ini selesai dalam jangka waktu dua tahun.
 

 

(UWA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif