Buya Maarif Ajak Umat Islam Merawat Kewarasan
Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif saat peluncuran buku - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Jakarta: Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif meluncurkan buku bertajuk "Merawat Kewarasan Publik: Refleksi Kritis Kader Intelektual Muda". Buya Maarif sapaannya, menyebut buku cetakan Maarif Institute ini seruan menjaga moralitas dan keadaban publik.

"Saya berharap umat Islam di Indonesia benar-benar mengembangkan Islam yang terbuka, inklusif dan memberi solusi terhadap masalah bangsa," ujar Maarif saat membuka peluncuran buku di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat,  Jumat, 23 November 2018.

Dia menyebut buku ini bisa menjadi pencerah kondisi bangsa saat ini. Mengingat banyak masalah timbul karena kompleksitas umat Islam sebagai mayoritas.


Padahal, banyak persoalan lain yang lebih penting, seperti pemberantasan korupsi, dan hal-hal yang merongrong kewibawaan bangsa. Umat Islam, lanjut dia, tak perlu lagi menyoal hubungan antara Islam, ke-Indonesiaan dan kemanusiaan.

"Saya ingin melihat ketiganya satu padu, satu tarikan nafas dalam kehidupan di negeri tercinta ini," imbuh Maarif.

Direktur Eksekutif Maarif Institute Muhammad Abdullah Daraz menambahkan, buku tersebut merupakan refleksi pemikiran kritis Buya Maarif. Intisari buku sangat relevan dengan Indonesia yang punya ragam etnis budaya.

Apalagi, kata dia, terhadap kaum intelektual muda di Indonesia. "(Untuk) menumbuhkan tunas baru, pelanjut kiprah moral dan intelektual yang selama ini dihidupkan Buya Maarif dalam berbangsa dan bernegara," kata dia.







(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id