Badan Pesawat JT610 Terlacak
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto/ANT/Hafidz Mubarak
Jakarta: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut titik lokasi bangkai Lion Air JT610 semakin terang. Tim SAR gabungan di kawasan perairan Tanjung Karawang telah menemukan koordinat diduga lokasi jatuhnya pesawat.

"Saya mendapatkan penjelasan dari Kepala Basarnas (M Syaugi) tentang titik terang adanya dugaan kuat adalah bagian dari fuselage (badan pesawat) 610 itu sudah ditentukan koordinatnya. Namun, belum diyakinkan bahwa itu adalah bagian (utama) dari fuselage dari 610," jelas Hadi saat meninjau proses evakuasi di Jakarta International Container Terminal (JICT) Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu, 31 Oktober 2018.

Baca: Pencarian Lion JT610 Mencapai Pantai Indramayu


KRI Rigel-933 kemudian ditugaskan menyurvei geografis. Tim SAR gabungan bakal fokus pada satu titik tersebut.  

"KRI Rigel memiliki multibeam echosounder sehingga apa yang kita inginkan bersama basarnas akan terpenuhi. Termasuk Basarnas juga menggelar kapal-kapal yang memiliki kemampuan sama untuk mencari taeget dibawah permukaan," beber Hadi.

Baca: Lion Air JT610 Diduga Hancur Usai Menghantam Permukaan Laut

Hadi menyebut jika titik koordinat itu merupakan lokasi valid, dipastikan korban berada di sekitar lokasi yang sama. Namun, dia belum bisa memastikan apakah koordinat yang terdeteksi itu jauh dari titik hilang kontak.

"Nanti secara resmi kepala Basarnas akan menyampaikan kalau sudah yakin," ujar Hadi.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id