Bangkai Pesawat Diyakini Tak Jauh dari Penemuan Kotak Hitam

01 November 2018 12:27 WIB
Lion Air Jatuh
Bangkai Pesawat Diyakini Tak Jauh dari Penemuan Kotak Hitam
Petugas KPLP melakukan pencarian korban dan puing pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang, Jawa Barat. (Foto: ANTARA/Galih Pradipta)
Jakarta: Pengamat Penerbangan Alvin Lie meyakini letak badan pesawat Lion Air JT610 PK-LQP tidak akan jauh dari titik penemuan kotak hitam. Penemuan kotak hitam mengindikasikan bahwa badan pesawat juga berada di sekitarnya.

"Kotak hitam itu ada di bagian ekor pesawat. Ketika ditemukan, itu indikasi keberadaan pesawat. Kalau pun pesawat patah beberapa bagian tidak akan jauh dari lokasi itu," ujarnya melalui sambungan telepon dalam Breaking News Metro TV, Kamis, 1 November 2018.

Kendati tenggelam di dasar laut Alvin optimistis kotak hitam masih dalam kondisi baik untuk diinvestigasi. Melalui dua komponen yang merupakan alat perekam pembicaraan di kokpit dan rekaman data selama penerbangan, penyebab jatuhnya pesawat yang bertolak dari Jakarta menuju Pangkal Pinang akan segera terungkap.


Ia menambahkan secara umum kotak hitam didesain tahan dalam berbagai kondisi seperti benturan, api, dan air. Dengan demikian tidak akan ada kendala dalam proses investigasi terutama saat kotak hitam dibuka dan dianalisis.

"Pesawat Adam Air saja ketika jatuh dan tenggelam sampai ratusan meter kotak hitam masih dapat diangkat dan dibuka datanya. Untuk JT610 ini saya yakin kotak hitam bisa dibaca datanya untuk membantu penyelidikan," jelasnya.





(MEL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id