Ilustrasi - Freepik
Ilustrasi - Freepik

Pakai Obat Tetes Mata Apakah Membatalkan Puasa? Simak Penjelasannya

Adri Prima • 12 April 2022 16:05
Jakarta: Ketika menjalani ibadah puasa, kita diharuskan untuk menjaga diri dari hal-hal yang bisa membatalkan puasa mulai terbit fajar hingga datangnya maghrib. 
 
Para ulama telah bersepakat bahwa di antara perkara yang membatalkan puasa adalah masuknya benda ke dalam anggota tubuh bagian dalam melalui rongga terbuka. 
 
Rongga terbuka yang dimaksud meliputi mulut, lubang kemaluan, lubang anus, lubang hidung dan lubang telinga. Benda apa pun yang masuk melalui rongga-rongga tersebut dapat membatalkan puasa. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lalu bagaimana dengan obat tetes mata. Apakah puasa seseorang batal jika menggunakan obat tetes mata? Hal yang sering menjadi pertanyaan di tengah masyarakat.
 
Dilansir dari NU Online, penggunaan obat tetes mata diperbolehkan dan tidak membatalkan puasa. Hal tersebut dikarenakan lubang mata tidak memiliki jalur penghubung sampai ke tenggorokan. 
 
Demikian pula yang masuk ke tenggorokan melalui perantara pori-pori tubuh, bukan melalui lubang mata, sebagaimana kasus mengguyur air saat mandi. Puasa tidak batal kendati kesegaran air bisa dirasakan oleh tubuh sebab masuknya air bukan melalui lubang, tetapi dari pori-pori. 
 
Alasan diperbolehkannya penggunaan obat tetes mata ini dianalogikan dengan persoalan iktihal (memasukan celak mata). Hal ini sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Syekh Muhammad bin Ahmad al-Ramli dalam kitab Ghayah al-Bayan. 
 
“Dan tidak bermasalah memakai celak mata, meski ditemukan rasanya celak di tenggorokan, sebab tidak ada akses penghubung dari mata ke tenggorokan. Yang sampai di tenggorokan adalah dari pori-pori,” (Syekh Muhammad bin Ahmad al-Ramli, Ghayah al-Bayan, hal. 156). 
 
Dengan demikian, penggunaan obat obat tetes mata bagi orang yang sedang berpuasa itu hukumnya diperbolehkan dan tidak sampai membatalkan puasa.
 
(PRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif