Konferensi pers menjelang Konvensi Nasional Humas 2019. Foto: Medcom.id/Cindy
Konferensi pers menjelang Konvensi Nasional Humas 2019. Foto: Medcom.id/Cindy

Konvensi Nasional Humas Diharapkan Cetak SDM Unggul

Nasional bpp perhumas
Cindy • 04 Desember 2019 22:04
Jakarta: Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) akan mengadakan Konvensi Nasional Humas (KNH) 2019 di Yogyakarta. KNH diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di bidang kehumasan.
 
"Sejalan dengan Visi Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan SDM Unggul, Indonesia Maju. Perhumas yakin peran SDM humas dalm sosialisasi keunggulan yang dimiliki Indonesia sangat vital membantu pemerintah mencapai target tersebut," kata Ketua Umum BPP Perhumas Agung Laksamana di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu, 4 Desember 2019.
 
Agung mengatakan Indonesia memiliki keistimewaan dengan beragamnya kearifan lokal yang menjadi nilai tambah dalam penciptaan solusi kreatif bidang komunikasi. Ia melanjutkan, pemilihan kota Yogyakarta dinilai tepat dan istimewa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, Yogyakarta kaya akan kearifan budaya lokal. Sehingga para praktisi Humas bisa menghadapi era globalisasi dengan mencari dan memiliki perspektif lokal budaya masing-masing.
 
"KNH 2019 di Yogyakarta ingin menitikberatkan peran fungsi humas dalam mencari berbagai kearifan dan kekayaan budaya Indonesia yang bisa memberikan inspirasi bagi strategi maupun solusi kreatif kehumasan dan komunikasi," tutur Agung.
 
Ketua Pelaksana KNH 2019 Aswad Ishak memambahkan KNH kali ini dapat meningkatkan kesadaran praktisi humas khususnya dalam memasukan nilai lokal dalam setiap penyusunan dan pengembangan program. Humas Indonesia diharapkan dapat memiliki ciri khas yang unik dengan mengangkat kearifan lokal.
 
"Kearifan yang lebih kontekstual dengan stakeholder sesuai problematika yang dihadapi di masyarakat. Hal ini dapat memberikan penguatan posisi dan peran humas dalam menjalankan fungsinya secara strategis dan taktis," ucap Aswad.
 
Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono dijadwalkan akan membuka KNH ini. Acara juga akan dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Widodo Muktiyo, Dubes RI untuk Tiongkok dan Mongolia Djauhari Oratmangun, Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal, sejumlah akademisi dan mahasiswa ilmu komunikasi.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif