Kendaraan melaju seusai polisi mengembalikan sistem satu arah jalur puncak saat uji coba sistem kanalisasi 2:1 di Jalur Puncak, Bogor. Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya.
Kendaraan melaju seusai polisi mengembalikan sistem satu arah jalur puncak saat uji coba sistem kanalisasi 2:1 di Jalur Puncak, Bogor. Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya.

Sistem 2-1 Jalur Puncak Diuji Coba Akhir Pekan Ini

Nasional Penataan Kawasan Puncak
Candra Yuri Nuralam • 04 Desember 2019 04:38
Jakarta: Uji coba sistem 2-1 di jalur puncak akan kembali diujikan pada Sabtu, 7 Desember 2019. Uji coba kedua ini akan berbeda dengan yang pertama.
 
"Uji coba kedua akan diawali dengan sistem satu arah dari Simpag Gadog menuju arah Puncak mulai pukul 07.00 sampai 12.00 WIB. Selanjutnya akan diberlakukan sistem rekayasa lalu lintas 2-1 pada pukul 12.00 sampai 16.00 WIB," kata Kepala Bagian Humas Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Budi Rahardjo berdasarkan keterangan tertulisnya, Selasa, 3 Desember 2019.
 
Budi mengatakan dua jalur nantinya akan digunakan untuk kendaraan yang turun dari arah Taman Safari menuju Simpang Gadong. Sedangkan satu jalur akan digunakan untuk arah sebaliknya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Uji coba kedua ini juga masih menggunakan traffic cone sebagai pemisah antarjalur. Namun, kata Budi, hanya akan ada satu baris traffic cone yang dipasang nanti dari sebelumnya dua baris.
 
"Hal ini dilakukan untuk dapat lebih memaksimalkan kapasitas jalan," ujar Budi.
 
Jalur puncak akan kembali normal jika waktu sistem 2-1 sudah habis. Namun, petugas lapangan bisa menambah waktu sistem 2-1 tergantung dari kondisi di lapangan.
 
"Meski jam operasional sistem 2-1 telah ditetapkan, namun jika kondisi di lapangan memerlukan tindakan insidental maka dapat diberlakukan diskresi kepolisian," tutur Budi.
 
Uji coba ini pernah dilakukan pada 27 Oktober 2019. Namun uji coba dihentikan untuk dikaji lebih matang.
 
Pembahasan dilakukan sebanyak dua kali oleh BPTJ dan stakeholder terkait. Sistem ini ditujukan untuk mencari alternatif penataan lalu-lintas di Jalur Puncak guna memberi ruang aksesibilitas dua arah bagi masyarakat setempat setiap akhir pekan atau musim liburan.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif