Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi menunjukkan salah satu amplop milik perusuh. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi menunjukkan salah satu amplop milik perusuh. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

'Kelompok Besar' Mendanai Penyerang Asrama Brimob

Nasional Demo Massa Penolak Pemilu
Theofilus Ifan Sucipto • 23 Mei 2019 18:47
Jakarta:Polres Metro Jakarta Barat menyita uang senilai Rp20 juta dan puluhan amplop. Uang itu disebut sebagai imbalan untuk penyerangan di Petamburan, Jakarta Barat, dari kelompok tertentu.
 
"Karena melakukan ini (penyerangan), mereka menerima imbalan Rp20 juta," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi di Polres Jakarta Barat, Slipi, Jakarta Barat, Kamis 23 Mei 2019.
 
Dia menyebut jumlah itu belum termasuk uang yang dimasukkan amplop untuk dibagi-bagi ke individu. Hengki menunjukkan salah satu amplop.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Amplop tersebut sudah diberi nama. Hengki juga membuka salah satu amplop dan berisi uang sebesar Rp100 ribu.
 
"Dari tersangka diakui bahwa yang bersangkutan menerima uang dari seseorang," ujar dia.
 
Kendati begitu, kata Hengki, kepolisian masih mendalami lebih lanjut siapa pendana tersebut. Dia juga enggan membeberkan apakah dana tersebut dari salah satu partai politik.
 
"Masih kami dalami. Sementara kami temukan dananya berasal dari 'kelompok besar'," jelas dia.
 
Baca:Simpatisan ISIS Menunggangi Demo di Bawaslu
 
Bentrokan antara polisi dan massa aksi demo di Petamburan, Jakarta Barat, meledak pada Rabu, 22 Mei 2019. Kericuhan terjadi setelah pembubaran demo penolakan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).
 
Konflik ini menyebabkan Asrama Brimob Slipi-Petamburan, Jalan KS Tubun, Jakarta Barat, terbakar pukul 04.30 WIB. Aksi itu pun terekam dalam video yang beredar di Twitter.
 
Dalam rekamanan itu, massa terlihat membakar tempat sampah hingga kayu di tengah jalan. Mereka terlihat membawa bambu serta kayu di markas Front Pembela Islam (FPI) itu.
 
Polres Metro Jakarta Barat bergerak cepat menangkap 183 perusuh dan pembakar Asrama Brimob. Mereka beraksi bermodalkan senjata tajam.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif