Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

KAI Targetkan Penumpang Lebaran 2020 Naik 10%

Nasional Mudik Lebaran 2019
M Sholahadhin Azhar • 19 Juni 2019 14:17
Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat peningkatan jumlah penumpang pada musim mudik Lebaran 2019 sebesar 9,2 persen. Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, menyebut capaian itu melampaui target sejumlah 6,4 juta penumpang.
 
Selama masa angkutan lebaran selama 22 hari, dari 26 Mei (H1-10) hingga 16 juni (H2+10) total penumpang yang dilayani oleh KAI mencapai 6.810.407 orang.
 
"Barangkali kita bisa naikkan, kemungkinan untuk angkutan lebih dari 10 persen (penumpang) lagi," ujar Edi di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia optimistis target itu bisa tercapai. Mengingat ada penambahan armada kereta besar-besaran pada 2020. KAI telah memesan 886 kereta dari PT INKA untuk menambah kuantitas perjalanan.
 
"Mudah-mudahan ini nanti bisa terselesaikan dan bisa menambah penumpang," ujar Edi.
 
(Baca juga:Pengamat: Arus Mudik Lancar, Balik Tersendat)
 
Saat ini, kata dia, moda angkutan kereta api menjadi primadona masyarakat. Tak hanya saat lebaran saja, namun juga di masa liburan. Edi mengaku peningkatan ini lantaran mahalnya tiket pesawat terbang dan faktor lain.
 
Ia memerinci, perjalanan dari Jakarta ke Bandung semula hanya disiapkan delapan kereta api yang melayani 16 perjalanan per hari. Namun, saat ini, jumlah trip membengkak menjadi 30 perjalanan yang dilayani 16 kereta api.
 
"Kita juga berpikir limpasan pesawat terbang itu kita bisa bantu melalui kereta api," ujar dia.
 
Pihaknya juga menambah trip ke sejumlah wilayah Pulau Jawa. Misalnya dari Jakarta ke Solo, Yogyakarta, Malang dan Surabaya.
 
"Itu tinggi minat penumpang, bahkan dari Bandung yang jalur selatan itu selalu penuh. Bahkan karena memang dari situ banyak tempat wisata menuju jalur selatan," ujar dia.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif