Museum Nasional/MTVN/Adin
Museum Nasional/MTVN/Adin

Museum Nasional bakal Tambah Edukator

Nasional museum
M Sholahadhin Azhar • 09 Juli 2017 16:20
medcom.id, Jakarta: Museum Nasional bakal menambah edukator agar wisawatan mancanegara bisa mendapat informasi optimal soal benda sejarah Indonesia. Wisawatan mancanegara tak bisa dipandang sebelah mata karena tak sedikit yang ingin tahu.
 
"Pasti akan tambah pemandu, karena sudah dipetakan jabatan edukator akan banyak dibutuhkan untuk pengelolaan museum ke depan," kata Kepala Promosi Museum Nasional, Dedah Sri Handari, kepada Metrotvnews.com, Minggu 9 Juli 2017.
 
Edukator sebenarnya bukan jabatan pemandu untuk turis, melainkan petugas yang menerangkan pada pengunjung museum terkait info benda purbakala. Selama ini, Museum Nasional hanya digawangi pemandu atau guide yang jumlahnya sangat sedikit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hari ini, tak tampak petugas yang menemani pelancong luar negeri. Petugas informasi beralasan mereka sedang istirahat. Dedah pun mengakui sumber daya guide memang terbatas dan sistem kerja pun dibagi.
 
"Beberapa ada di hari Sabtu, lainnya di hari Minggu," kata Dedah.
 
Dedah mengatakan, untuk sementara, pelancong mancanegara yang membutuhkan guide bisa melapor kepada petugas informasi. Mereka akan mencarikan petugas untuk menemani dan mengedukasi soal koleksi di museum tersebut.
 
Pantauan Metrotvnews.com, penjelasan benda purbakala rata-rata menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Info yang paling lengkap berada di lantai 4, tempat koleksi emas dan harta nasional berada.
 
Secara keseluruhan gedung museum terdiri dari tujuh lantai, tetapi hanya empat lantai yang difungsikan sebagai area pameran. Lantai pertama berisi seputar manusia dan lingkungan, lantai kedua ilmu pengetahuan, teknologi, dan ekonomi.
 
Lantai tiga menyimpan koleksi seputar organisasi sosial dan pola premukiman, sementara lantai empat untuk khasanah emas dan keramik. Lantai empat umumnya tutup 30 menit lebih dulu dibanding lantai lainnya.
 
Museum Nasional memiliki 141.000 koleksi yang terdiri dari benda-benda prasejarah, arkeologi, numismatik dan heraldik, keramik, etnografi, sejarah, dan geografi. Pengunjung dikenakan tiket Rp5 ribu untuk dewasa, dan Rp2 ribu untuk anak-anak.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif