Juru bicara pemerintah dan duta adaptasi kebiasaan baru dr Reisa Broto Asmoro. Dok. BNPB
Juru bicara pemerintah dan duta adaptasi kebiasaan baru dr Reisa Broto Asmoro. Dok. BNPB

Hibah Vaksin Covid-19 Menunjukkan Perhatian Dunia ke Indonesia

Nasional vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 COVAX Vaksin Slank untuk Indonesia
Antara • 19 November 2021 18:58
Jakarta: Hibah vaksin covid-19 terus berdatangan ke Indonesia. Hal itu menunjukkan perhatian yang luar biasa dari dunia internasional kepada Indonesia.
 
"Bukan saja karena kita negara besar yang harus dipastikan dapat tetap mengendalikan penyebaran covid-19 seperti saat ini, namun antusiasme masyarakat Indonesia divaksinasi covid-19 tinggi sekali," ujar juru bicara pemerintah dan duta adaptasi kebiasaan baru dr Reisa Broto Asmoro dalam keterangannya secara daring, Jumat, 19 November 2021.
 
Reisa mengatakan kedatangan 4.059.290 dosis vaksin jadi Oxford-AstraZeneca dan 800 ribu dosis Vaksin Moderna hibah dari Pemerintah Belanda membuat persediaan vaksin covid-19 Indonesia bertambah. Kedatangan vaksin tersebut merupakan yang ke-124 dan ke-125.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Reisa mengatakan penerimaan vaksin itu menunjukkan komitmen Pemerintah Indonesia terus menyediakan vaksin covid-19. Bahkan, pemerintah menekankan ke semua produsen vaksin untuk berkomitmen memenuhi target pengiriman vaksin hingga akhir 2021.
 
"Memastikan semua pengiriman tetap berjalan meski ada libur akhir tahun di negara produsen, atau karena stok vaksin di Indonesia dianggap aman karena penyediaan dari COVAX dan hibah berdatangan terus," ujar dia.
 
Baca: Pemerintah Pusat dan Daerah Diminta Perbaiki Tata Kelola Distribusi Vaksin
 
Reisa menjelaskan penyuntikan vaksin dapat mencapai rata-rata 2 juta dosis per harinya. Pada hari ini, lebih dari 220 juta suntikan diberikan kepada masyarakat. Target Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 40 persen dari warga divaksin lengkap di akhir tahun pun sudah dilewati.
 
"Capaian-capaian Indonesia inilah yang diapresiasi oleh berbagai negara besar dan negara sahabat, dan mendapat terus hibah vaksin, dan apresiasi oleh fasilitas kerja sama Internasional, seperti COVAX dengan memastikan suplai vaksin covid-19 selalu tersedia di dalam negeri," kata dia.

Vaksin untuk Indonesia

Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 

 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif