Menteri Kominfo Johnny G Plate/Medcom.id/Candra
Menteri Kominfo Johnny G Plate/Medcom.id/Candra

TKDN Internet Naik 35%, Menkominfo Berharap Industri Lokal Meroket

Nasional Kominfo internet telekomunikasi transformasi digital Johnny Gerard Plate
Candra Yuri Nuralam • 21 Oktober 2021 18:56
Jakarta: Pemerintah menetapkan pemenuhan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) internet naik menjadi 35 persen dari sebelumnya hanya 30 persen. Kenaikan yang diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Nomor 13 Tahun 2021 itu diharapkan menggenjot produksi komponen internet lokal.
 
"Peraturan ini mengatur tentang kewajiban untuk memenuhi tingkat komponen dalam negeri atau TKDN sebesar 35 persen untuk perangkat subscriber station 4G dan 5G yang akan beredar dan digunakan di Indonesia," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate melalui keterangan tertulis, Kamis, 21 Oktober 2021.
 
Johnny mengatakan peraturan itu akan berlaku untuk semua jaringan internet yang menggunakan teknologi long term evolution (LTE). Beleid itu juga mencakup persyaratan teknis untuk perangkat subscriber station. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk perangkat base station yang menggunakan teknologi berbasis LTE atau teknologi 4G, serta teknologi berbasis standar teknologi international mobile telecommunication 2020 atau teknologi 5G, yang bekerja pada pita spektrum 850 Mhz, 900 mhz, 1800 mhz, 2,1 GHz, dan 2,3 GHz," ujar Johnny.
 
Baca: Menkominfo Ingin Pemerintah dan Media Bisa Berdampingan di Ruang Digital
 
Johnny yakin aturan itu bakal membuat Indonesia untung. Dia yakin keuntungan industri dalam negeri yang menggunakan sistem telekomunikasi bakal meroket ke depannya.
 
"Untuk penggelaran 4G dan 5G di Indonesia juga memastikan agar industri dalam negeri ikut terlibat dan mengambil bagian yang dari waktu ke waktu semakin tinggi," tutur Johnny.
 
Langkah penaikan TKDN ini juga penting untuk mendorong pengembangan infrastruktur internet di Indonesia. Pemerintah tidak mau jaringan internet di Indonesia kalah dengan negara lain.
 
"Sebagaimana yang diamanatkan oleh Bapak Presiden agar Indonesia dapat menjadi  negara smart player dalam pengembangan jaringan, baik jaringan 4G maupun dan 5G," kata Johnny.
 
Johnny berharap perusahaan jasa telekomunikasi di Indonesia segera menyesuaikan kebijakannya setelah beleid ini diteken. Pemerintah memberi waktu enam bulan untuk perusahaan jasa telekomunikasi untuk meracik penyesuaiannya.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif