Sejumlah kendaraan dinas Polsek Ciracas yang rusak akibat kerusuhan, ditutupi terpal di Mapolsek Ciracas, Jakarta Timur, Rabu, 12 Desember 2018. Foto-foto: Medcom.id/Al Hasan
Sejumlah kendaraan dinas Polsek Ciracas yang rusak akibat kerusuhan, ditutupi terpal di Mapolsek Ciracas, Jakarta Timur, Rabu, 12 Desember 2018. Foto-foto: Medcom.id/Al Hasan

Masyarakat Tagih Pengungkapan Kasus Polsek Ciracas

Nasional Perusakan Polsek Ciracas
Muhammad Syahrul Ramadhan • 17 Desember 2018 15:45
Jakarta: Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Sektor Keamanan mendesak Polisi dan TNI segera menyelesaikan kasus pengeroyokan anggota TNI dan pembakaran Kapolsek Ciracas yang terjadi pada Senin dan Selasa 11-12 Desember 2018.
 
“Kami meminta kedua kasus itu diusut tuntas,” ujar anggota koalisi, Arif Maulana, dalam konferensi pers di Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 17 Desember 2018.
 
Menurut direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta ini, polisi sebagai penegak hukum haruslah berani dan imparsial dalam kedua kasus itu. “Jangan warga sipil yang melakukan pengeroyokan diusut cepat, sementara pelaku perusakan Polsek Ciracas tidak segera diusut," kata dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arif menilai pembakaran Polsek Ciracas merupakan bentuk pelecehan terhadap simbol penegakan hukum di Indonesia. Makanya, ia mendesak aparat mengungkap siapa pelakunya.
 
Apalagi polisi sudah sigap menangkap lima orang pelaku pengeroyokan dua anggota TNI. "Sedangkan pelaku perusakan Polsek Ciracas hingga saat ini belum tuntas," kata dia.
 
Baca:Pengamat: TNI Tak Percaya Kinerja Polisi
 
Ratusan orang mendatangi dan membakar markas Polsek (Mapolsek) Ciracas pada Selasa, 11 Desember malam hingga Rabu, 12 Desember dini hari. Perusakan disertai pemukulan terhadap anggota polisi dan warga sipil yang melintasi kawasan itu.
 
Massa juga menghancurkan kendaraan dinas, sejumlah properti milik polsek, serta kendaraan sipil. Aksi ini diduga sebagai reaksi dari pengeroyokan terhadap anggota TNI AL Kapten Komaruddin dan Pratu Rivonanda dari Kesatuan Dronkavser Paspampres oleh sekelompok tukang parkir pada Senin, 10 Desember.
 

 

(UWA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif