Kapal rusak yang karam akibat tsunami di Kampung Nelayan Teluk, Labuan, Pandeglang, Banten. (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)
Kapal rusak yang karam akibat tsunami di Kampung Nelayan Teluk, Labuan, Pandeglang, Banten. (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

Sistem Peringatan Dini Tsunami Minim Alat

Nasional Tsunami di Selat Sunda
30 Desember 2018 09:41
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut sistem peringatan dini tsunami yang dibangkitkan oleh gempa bumi di Indonesia minim alat. Sejak tsunami Aceh 2004, saat ini Indonesia hanya memiliki 175 sensor berupa seismograf yang dipasang di seluruh Indonesia.

Deputi bidang Geofisika BMKG Muhamad Sadly mengatakan jumlah tersebut tidak sesuai dengan topografi Indonesia yang memang rawan bencana. Dibandingkan dengan Jepang, sistem peringatan dini tsunami Indonesia belum memadai.

"Kalau dikatakan minim, memang minim. Dibandingkan Jepang yang negaranya hanya seperlima dari Indonesia mereka punya 1.500 seismograf untuk (deteksi) gempa bumi," ujarnya dalam Metro Pagi Primetime, Minggu, 30 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Sadly mengatakan idealnya sensor seismik yang mesti dipasang di Indonesia berjumlah sekitar 800 unit bahkan lebih. Mengingat, alat yang saat ini sudah terpasang berusia hampir 10 tahun dengan asumsi mengalami penurunan performa. Menurut Sadly BMKG telah membangun sistem peringatan dini tsunami. Namun sistem tersebut didesain hanya berdasarkan bangkitan dari gempa bumi skala besar bukan hal lain. Misalnya, bangkitan longsoran bawah laut akibat erupsi Gunung Anak Krakatau.

"Tsunami di Selat Sunda tidak bisa terdeteksi karena tidak ada gempa bumi. Sistem saat ini memang hanya berdasarkan gempa bumi makanya banyak ahli dari Jepang dan negara lain datang ke Indonesia untuk kerja sama membangun sistem peringatan dini dari model ini," jelas dia.




(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi