Ilustrasi Gedung DPR. Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Ilustrasi Gedung DPR. Foto: Antara/Yudhi Mahatma

Jalan di Depan Gedung DPR Ditutup

Nasional rancangan kuhp Demonstrasi Mahasiswa
Siti Yona Hukmana • 23 September 2019 12:16
Jakarta: Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menutup jalan di depan Gedung DPR, Jakarta Pusat. Penutupan dilakukan karena unjuk rasa ribuan mahasiswa.
 
"Jalan menuju DPR kita tutup, tepatnya di jalan layang Ladogi. Out ramp tol depan DPR juga ditutup," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin, 23 September 2019.
 
Polisi menerapkan rekayasa lalu lintas. Pengemudi roda empat dan roda dua diarahkan ke Jalan Gerbang Pemuda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Gerbang pemuda ke kiri ditutup, maka diputarbalikkan ke Jalan Gerbang Pemuda. Arah dari Jalan Asia Afrika yang ke Gerbang Pemuda diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar," beber Nasir.
 
Dua ribu mahasiswa dari sejumlah wilayah di Indonesia mendemo DPR siang ini. Mereka menuntut Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dibatalkan.
 
DPR sedianya mengesahkan RKUHP dalam rapat paripurna pemungkas periode 2014-2019, Selasa, 24 September 2019. Aturan baru itu pun bakal menggantikan KUHP peninggalan pemerintahan Hindia Belanda.
 
Namun, sejumlah pasal dalam RKUHP menuai kontroversi di masyarakat. Presiden Joko Widodo memutuskan menunda pengesahan RKUHP.
 
Jokowi mengaku mendengarkan masukan berbagai kalangan yang berkeberatan dengan sejumlah substansi RKUHP. Dia memerintahkan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly untuk menyampaikan sikap pemerintah kepada DPR.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif