Polisi menjaga demo. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Polisi menjaga demo. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.

Pasukan Penjaga Pemilu 2019 Dipulangkan

Nasional pemilu serentak 2019
Cindy • 04 Juli 2019 16:49
Jakarta: Pasukan Brigade Mobil (Brimob) Nusantara yang bertugas mengamankan Ibu Kota saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dipulangkan ke daerah asal. Mereka pulang secara bertahap.
 
"Saat ini pasukan Brimob yang ada di Jakarta secara bertahap kembali ke satuan masing-masing," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis, 4 Juli 2019.
 
Menurut dia, total 6.400 personel Brimob Nusantara dan 1.800 personel Sabhara ada di Jakarta. Mereka dikerahkan dari wilayah untuk turut mengamankan proses jalannya Pemilu 2019 di Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dedi menuturkan pemulangan secara bertahap diperlukan. Markas Komando (Mako) Brimob yang akan mengatur proses pemulangan para personel ke satuan wilayahnya.
 
Baca: KPU Koordinasi dengan MK Tetapkan Caleg Terpilih
 
"Hari ini ada berapa ratus orang atau berapa ribu orang yang kembali di kesatuan mana, diatur oleh Mako Brimob," kata Dedi.
 
Brimob Nusantara masuk dalam personel gabungan TNI-Polri yang mengawal Pemilu 2019. Mereka turut mengamankan dari distribusi surat suara, pemungutan suara, perhitungan suara, penetapan hasil di Komisi Pemilihan Umum (KPU), demonstrasi 21-22 Mei, hingga sidang perselisihan hasil pemilu umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif