Ketua KPID Provinsi DKI Jakarta Kawiyan. foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti
Ketua KPID Provinsi DKI Jakarta Kawiyan. foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti

Siaran Televisi dan Radio Diharapkan Lebih Berkualitas

Nasional lembaga penyiaran
Annisa ayu artanti • 22 November 2019 23:47
Jakarta: Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi DKI Jakarta berharap tayangan televisi dan siaran radio semakin bermutu. Dengan begitu, lembaga penyiaran bisa menjalankan fungsinya dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.
 
"Kami berharap lembaga penyiaran dapat menyajikan (konten) yang bagus, yang edukatif, yang bermanfaat bagi masyarakat," kata Ketua KPID Provinsi DKI Jakarta Kawiyan dalam acara KPID Award 2019 di Jakarta, Jumat, 22 November 2019.
 
Kawiyan mengatakan saat ini banyak lembaga penyiaran menyajikan konten yang kurang mendidik. Misalnya, adegan kekerasan, pornografi, perundungan, serta program tidak ramah anak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sesuai Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2012 tentang Penyiaran, kata dia, lembaga penyiaran harus mewujudkan dunia penyiaran yang mampu membentuk jati diri, kepribadian, dan mencerdaskan masyarakat. Khusus untuk DKI Jakarta, ia berharap lembaga penyiaran dapat menambah durasi penyiaran untuk konten budaya lokal.
 
"Kita harapkan budaya Jakarta harus mendapatkan tempat semestinya di lembaga penyiaran, misalnya 10 persen dari total penyiaran dan ditaruh di primetime," ungkap dia.
 
Dalam memberi dukungan kepada lembaga penyiaran yang berkarakter, KPID Jakarta memberikan 13 penghargaan kepada lembaga penyiaran televisi dan radio. Total ada 20 lembaga penyiaran televisi dan 13 radio yang masuk nominasi KPID Award 2019.
 
"Melalui ajak penganugerahaan KPID Award diharapkan dapat memupuk semangat lembaga penyiaran dan insan yang terlibat di dalamnya untuk menayangkan program siaran terbaik dan sesuai dengan P3SPS (Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Porgram Siaran)," ujarnya.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif