Jakarta: Awal bulan merupakan waktu yang tepat untuk mengecek tagihan listrik PLN bagi pelanggan postpaid atau pascabayar. Melakukan pengecekan pun kini bisa dilakukan dengan mudah melalui ponsel.
Masyarakat mendapat kemudahan untuk mengecek dan membayar tagihan listrik secara mandiri di aplikasi PLN Mobile. Melalui aplikasi tersebut pelanggan dapat mengecek dan melakukan pembayaran tagihan listrik pemakaian bulan sebelumnya.
"Para pelanggan kini tak perlu lagi menunggu petugas PLN mengirimkan tagihan secara manual. Para pelanggan bisa langsung mengakses PLN Mobile untuk mengecek tagihan listrik yang harus dibayar," terang Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi dalam keterangan resminya seperti dikutip Medcom.id.
Lalu bagaimana cara cek tagihan listrik dengan PLN Mobile di ponsel? Berikut ini Medcom.id sudah merangkum langkah-langkahnya pengecekan tagihan listrik PLN Mobile.
Cara mengecek tagihan listrik yang harus dibayar:
Pelanggan perlu mengunduh aplikasi PLN Mobile di smartphone.
Setelah berhasil mengunduh aplikasi PLN Mobile lalu lakukan login.
Apabila belum memiliki akun, pilih Daftar lalu isi nama lengkap, ID Pelanggan atau nomor meter, lokasi, nomor ponsel, e-mail aktif, dan password.
Setelah masuk ke dashboard akun, pilih tab Informasi yang berada di halaman depan.
Klik Informasi Tagihan dan Token Listrik, sistem akan menampilkan tagihan listrik dan jumlah pemakaiannya serta riwayat tagihan.
Cara pembayaran tagihan listrik
Sementara untuk melakukan pembayaran, ada tiga pilihan menu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan atau membeli token listrik:
Opsi Pertama
Pilih menu Kelistrikan.
Pilih ID Pel yang akan dilakukan proses pembayaran rekening listrik.
Menuju pada menu Pemberitahuan (untuk ID pelanggan pascabayar yang telah didaftarkan pada akun PLN Mobile).
Opsi Kedua
Pilih Menu Token dan Pembayaran.
Masukkan Nomor ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (apabila belum terdaftar pada akun PLN Mobile).
Pilih ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (apabila sudah terdaftar pada akun PLN Mobile)
Opsi Ketiga
Menuju pada fitur Pemberitahuan, apabila pelanggan telah mendaftarkan ID Pelanggan pada PLN Mobile akan tertampil pemberitahuan antara lain salah satunya Tagihan Listrik (pascabayar). Setelah itu, pelanggan akan ditujukan untuk melakukan pembayaran. Berikut caranya:
Akan tampil daftar tagihan, pilih tagihan yang terbit, pilih PILIH TAGIHAN.
Akan muncul detail tagihan pilih LANJUTKAN PEMBAYARAN.
Muncul halaman pembayaran, pelanggan dapat memilih metode pembayaran dengan pilih GANTI METODE PEMBAYARAN.
Apabila sudah memilih metode pembayaran, pilih BAYAR.
Akan tampil Batas Waktu Pembayaran, selesaikan pembayaran, apabila telah selesai, pilih LIHAT TRANSAKSI SAYA, akan terhubung ke halaman riwayat transaksi.
Pelanggan akan menerima notifikasi di HP-nya.
Jakarta: Awal bulan merupakan waktu yang tepat untuk
mengecek tagihan listrik PLN bagi pelanggan
postpaid atau pascabayar. Melakukan pengecekan pun kini bisa dilakukan dengan mudah melalui ponsel.
Masyarakat mendapat kemudahan untuk mengecek dan membayar tagihan listrik secara mandiri di aplikasi
PLN Mobile. Melalui aplikasi tersebut pelanggan dapat mengecek dan melakukan pembayaran tagihan listrik pemakaian bulan sebelumnya.
"Para pelanggan kini tak perlu lagi menunggu petugas PLN mengirimkan tagihan secara manual. Para pelanggan bisa langsung mengakses PLN Mobile untuk mengecek tagihan listrik yang harus dibayar," terang Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi dalam keterangan resminya seperti dikutip
Medcom.id.
Lalu bagaimana cara cek tagihan listrik dengan PLN Mobile di ponsel? Berikut ini
Medcom.id sudah merangkum langkah-langkahnya pengecekan tagihan listrik PLN Mobile.
Cara mengecek tagihan listrik yang harus dibayar:
- Pelanggan perlu mengunduh aplikasi PLN Mobile di smartphone.
- Setelah berhasil mengunduh aplikasi PLN Mobile lalu lakukan login.
- Apabila belum memiliki akun, pilih Daftar lalu isi nama lengkap, ID Pelanggan atau nomor meter, lokasi, nomor ponsel, e-mail aktif, dan password.
- Setelah masuk ke dashboard akun, pilih tab Informasi yang berada di halaman depan.
- Klik Informasi Tagihan dan Token Listrik, sistem akan menampilkan tagihan listrik dan jumlah pemakaiannya serta riwayat tagihan.
Cara pembayaran tagihan listrik
Sementara untuk melakukan pembayaran, ada tiga pilihan menu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan atau membeli token listrik:
Opsi Pertama
- Pilih menu Kelistrikan.
- Pilih ID Pel yang akan dilakukan proses pembayaran rekening listrik.
- Menuju pada menu Pemberitahuan (untuk ID pelanggan pascabayar yang telah didaftarkan pada akun PLN Mobile).
Opsi Kedua
- Pilih Menu Token dan Pembayaran.
- Masukkan Nomor ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (apabila belum terdaftar pada akun PLN Mobile).
- Pilih ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (apabila sudah terdaftar pada akun PLN Mobile)
Opsi Ketiga
Menuju pada fitur Pemberitahuan, apabila pelanggan telah mendaftarkan ID Pelanggan pada PLN Mobile akan tertampil pemberitahuan antara lain salah satunya Tagihan Listrik (pascabayar). Setelah itu, pelanggan akan ditujukan untuk melakukan pembayaran. Berikut caranya:
- Akan tampil daftar tagihan, pilih tagihan yang terbit, pilih PILIH TAGIHAN.
- Akan muncul detail tagihan pilih LANJUTKAN PEMBAYARAN.
- Muncul halaman pembayaran, pelanggan dapat memilih metode pembayaran dengan pilih GANTI METODE PEMBAYARAN.
- Apabila sudah memilih metode pembayaran, pilih BAYAR.
- Akan tampil Batas Waktu Pembayaran, selesaikan pembayaran, apabila telah selesai, pilih LIHAT TRANSAKSI SAYA, akan terhubung ke halaman riwayat transaksi.
- Pelanggan akan menerima notifikasi di HP-nya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id(RUL)