Foto udara erupsi Gunung Anak Krakatau/ANT/Nurul
Foto udara erupsi Gunung Anak Krakatau/ANT/Nurul

Warga Diminta Mewaspadai Aktivitas Anak Krakatau

Nasional Gunung Anak Krakatau
Fachri Audhia Hafiez • 27 Desember 2018 10:03
Jakarta: Status Gunung Anak Krakatau dinaikkan menjadi siaga level III. Penaikan status berlaku sejak pukul 06.00 WIB.

"Masyarakat dihimbau tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaannya," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Kamis, 27 Desember 2018.

Sutopo juga mengingatkan warga tak mengindahkan informasi menyesatkan. Masyarakat harus merujuk informasi dari sumber yang bisa dipertanggungjawabkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca: Gunung Anak Krakatau Siaga Level III Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan zona berbahaya Gunung Anak Krakatau diperluas dari 2 kilometer menjadi 5 kilometer. Masyarakat dan wisatawan dilarang beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari puncak kawah Gunung Anak Krakatau.

Aktivitas letusan masih berlangsung terus menerus. Aktivitas berupa letusan strombolian (semburan lava pijar dari magma yang dangkal) dan awan panas. Letusan berupa awan panas dan tipe letusan surtseyan (dangkal) sempat terjadi, Rabu, 26 Desember 2018.

Baca: Longsor Memicu Perubahan Bentuk Gunung Anak Krakatau

Awan panas ini yang mengakibatkan adanya hujan abu. Angin dominan mengarah ke barat dayasehingga abu vulkanik menyebar ke barat daya arah laut.

Adanya beberapa lapisan angin pada ketinggian tertentu mengarah ke timur menyebabkan hujan abu vulkanik tipis jatuh di Kota Cilegon dan sebagian Serang sekitar pukul 17.15 WIB, Rabu, 26 Desember 2018. Hujan abu diperkirakan tidak berbahaya. Abu vulkanik justru menyuburkan tanah.

Namaun, masyarakat harus tetap mengantisipasi. Warga diimbau menggunakan masker dan kacamata saat beraktivitas di luar.




(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi