Balai Kota DKI Jakarta, kantor gubernur dan wakil gubernur. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Balai Kota DKI Jakarta, kantor gubernur dan wakil gubernur. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Silaturahmi NasDem-PKS Ubah Peta Pemilihan Cawagub DKI

Nasional cawagub dki Pengganti Sandiaga Uno
Sri Yanti Nainggolan • 05 Februari 2020 22:57
Jakarta: Partai Gerindra belum tentu menang absolut dalam pemilihan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta. Pasalnya, NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terlihat mesra.
 
"Dengan silaturahmi kebangsaan NasDem dan PKS bisa saja berubah peta konsolidasinya," kata pengamat politik Hendri Satrio saat dihubungi, Rabu, 5 Februari 2020.
 
Menurut dia, suara untuk calon wagub (cawagub) PKS, Nurmansyah Lubis, bisa bertambah karena NasDem mengeklaim akan solid satu suara. Sementara itu, kans Gerindra tidak sebesar yang diperkirakan karena rapat paripurna pemilihan wagub tak segera dilaksanakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalaupun Gerindra di atas angin tapi bukan berarti menutup semua kesempatan oleh calon PKS," simpul dia.
 
Namun, jika dilihat dari angka pembentukan fraksi, jumlah gabungan suara antara NasDem dan PKS belum cukup memenangkan pemilihan. Tujuh suara NasDem dan 16 suara PKS belum mencapai setengah jumlah pemilih ditambah satu suara yang menjadi rumus kemenangan pemilihan wagub. Sementara itu, ada 106 pemilik suara di DPRD.
 
Sekretaris Fraksi NasDem DPRD DKI Abdul Azis Muslim mengeklaim kemesraan dengan PKS di tingkat nasional adalah kunjungan balasan. Ia menegaskan NasDem akan bermusyawarah memutuskan siapa cawagub yang akan didukung.
 
"Kalau ada arahan dari DPP (Dewan Pimpinan Pusat), bisa juga. Tapi yang jelas semuanya akan solid satu suara untuk mendukung cawagub (calon wagub) DKI," ujar Azis, Selasa, 4 Februari 2020.
 
Silaturahmi NasDem-PKS Ubah Peta Pemilihan Cawagub DKI
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyambut kedatangan Presiden PKS Sohibul Iman. Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha
 
Kursi wagub DKI kosong sejak Agustus 2018. Jabatan wagub ditanggalkan Sandiaga Uno yang memilih mengikuti Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.
 
Posisi wagub menjadi jatah Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengusung Anies-Sandiaga di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017. Namun, pemilihan wagub mandek di DPRD DKI.
 
Kader PKS Nurmansyah Lubis dan Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria pun disodorkan sebagai cawagub DKI. Keduanya bakal dipilih DPRD DKI medio Februari 2020.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif