Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Dokumentasi.
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Dokumentasi.

Menkominfo Pastikan Jaringan Internet Tak Terganggu saat KTT G20

Candra Yuri Nuralam • 27 November 2021 00:10
Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menginginkan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 berlangsung dengan baik. Johnny memastikan internet tidak akan terkendala saat KTT G20 berlangsung.
 
"Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyiapkan perangkat-perangkat virtualnya dengan menggunakan Webex dan menyediakan jaringan cadangan untuk mengantisipasi apabila tejadi ganguan konektivitas telekomunikasi," kata Johnny melalui keterangan tertulis, Jumat, 26 November 2021.
 
Johnny juga akan memastikan jaringan internet baik selama rapat pelaksanaan KTT G20. Setidaknya, ada 17 kota di Indonesia yang dijadikan tempat rapat untuk ajang internasional itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jaringan yang dijamin mulus, yakni 4G dan 5G. Johnny tidak ingin pelaksanaan KTT G20 tersendat hanya karena sinyal. Sinyal yang mulus ini dipastikan akan sama saat penyelenggaraan World Super Bike (WSB) di Mandalika.
 
"Seperti yang saat ini sedang kita lakukan dalam penyelenggaran World Super Bike, dan pada saat Moto GP Mandalika nanti disediakan juga jaringan backup. Begitu juga dengan event internasional G20 summit," ujar Johnny.
 
Baca: Menkominfo Ingin G20 di Bali Beri Kesan untuk Para Pimpinan Negara
 
Memastikan sinyal mulus ini juga merupakan perintah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi tidak mau kendala kecil membuat Indonesia kurang baik memanfaatkan ajang internasional itu.
 
"Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, sudah jelas bahwa keketuaan Indonesia dalam Presidensi G20 tahun 2022 ada dua target yang harus sukses. Sukses dari sisi substansi dan sukses terhadap penyelenggaraannya. Dua hal ini yang sedang dilakukan," kata Johnny.
 
Direktur Utama BAKTI Kominfo Anang Latif mengatakan pihaknya telah menyiapkan saluran cadangan untuk memastikan KTT G20 berlangsung baik. Kominfo memastikan bakal ada bandwith 20 Gbps agar jaringan internet mulus.
 
"Kemudian, di pertemuan level kepala negara dalam Konferensi Tingkat Tinggi G20, disediakan kapasitas jaringan sebesar 2 Gbps dan untuk tingkat pendukung seperti kegiatan rapat, tersedia kapasitas jaringan pendukung sebesar 400 Mbps," ucap Anang.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif