Duta Besar RI untuk Singapura Suryopratomo. Dok. BNPB
Duta Besar RI untuk Singapura Suryopratomo. Dok. BNPB

Warga Indonesia! Tirulah Singapura soal Disiplin Aturan Covid-19

Nasional Virus Korona indonesia-singapura pandemi covid-19 Suryopratomo
Nur Azizah • 19 Mei 2021 13:56
Jakarta: Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura Suryopratomo berharap masyarakat Indonesia belajar pada Singapura dalam mematuhi aturan pengendalian covid-19. Masyarakat Singapura sadar memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk membantu penanganan covid-19.
 
"Di Indonesia yang kita lihat sekarang, masyarakat itu justru merasa hebat kalau bisa melawan petugas. Kita itu kalau tidak patuh merasa hebat. Dilarang mudik, kalau bisa mudik bangga dan posting di sosial media," kata Suryopratomo dalam diskusi virtual, Jakarta, Rabu, 19 Mei 2021.
 
Perilaku ini sangat berbanding terbalik dengan masyarakat di Singapura. Warga di negara maju seperti Singapura justru memiliki kesadaran dan bersama-sama menjalankan aturan walau petugas penanganan covid-19 bukan orang pemerintahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka tidak berani melawan relawan penegak aturan protokol kesehatan, padahal itu dari masyarakat biasa," ujarnya.
 
Baca: Singapura Disebut Mengagumi Penanganan Covid-19 di Indonesia
 
Suryopratomo ingin nilai-nilai ini dibangun di Indonesia. Ia yakin bila masyarakat patuh dan taat kasus covid-19 di Tanah Air bisa dikendalikan dan perlahan menghilang.
 
Selain itu, Singapura memiliki kebijakan yang ketat terhadap pengendalian covid-19. Singapura kembali memberlakukan karantina wilayah atau lockdown sejak 16 Mei hingga 13 Juni 2021.
 
Kebijakan ini diambil menyusul meningkatnya kasus covid-19 dari yang sebelumnya 0 menjadi 149 kasus. Masyarakat dilarang makan di restoran hingga pergi ke pusat olahraga.
 
"Saya saja menerima tamu dibatasi, sehari maksimal dua kali dengan jumlah tamu dua orang (tiap sesi)" jelas Suryopratomo.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif