Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Kasus Covid-19 di 8 Provinsi Diklaim Turun Signifikan

Nasional covid-19 Satgas Covid-19 kasus covid turun Positivity Rate Covid-19
Siti Yona Hukmana • 11 Mei 2022 10:25
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 mengevaluasi perkembangan kasus covid-19 di delapan provinsi daerah tujuan mudik terbesar selama Idulfitri 2022. Yaitu, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, Yogyakarta, Lampung, Sumatra Utara dan Sumatra Barat.
 
"Kasus positif, kasus aktif, kematian, BOR (tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit) serta positivity rate delapan daerah tersebut mengalami penurunan signifikan," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam keterangan tertulis, Rabu, 11 Mei 2022.
 
Baca: Kabar Baik, BOR RS Covid-19 Jakarta di Bawah 4%

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Informasi tersebut menjadi pertimbangan utama pelonggaran pengaturan perjalanan di Indonesia. Menyusul penurunan kasus covid-19 tingkat global, sehingga beberapa negara mulai melonggarkan pengaturan perjalanan secara berkala.
 
Selanjutnya, evaluasi perkembangan kasus covid-19 di delapan provinsi tersebut masih terus dilakukan pasca periode libur panjang. Wiku menuturkan masih ada potensi penularan covid-19 di tengah tingginya mobilitas masyarakat.
 
"Jika melihat kembali pada pembelajaran pasca libur panjang sebelumnya, dampak pada perkembangan kasus terlihat pada 2-3 minggu setelahnya. Dan hasil evaluasi dapat menjadi antisipasi bagi seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah, apabila terjadi kenaikan sedikit kasus, maka segera diatasi, " ungkap Wiku.
 
Evaluasi pada delapan provinsi tersebut bervariasi. Secara umum, tren kasus positif mingguan mengalami penurunan.
 
Wiku menerangkan persentase kesembuhan harian di seluruh provinsi mengalami kenaikan. Data per 9 Mei 2022, persentase kesembuhan di seluruh provinsi lebih dari 90 persen. Tertinggi, yaitu DKI Jakarta 98,7 persen, Jawa Barat 98,4 persen, dan Sumatra Utara 97,8 persen.
 
Penurunan juga terjadi pada kasus kematian mingguan di seluruh provinsi dalam tiga bulan terakhir. Jawa Tengah beberapa minggu terakhir mengalami kenaikan, namun tidak signifikan.
 
"Penambahan kematian dalam 7 hari terakhir tertinggi di Jawa Tengah yaitu 63 kasus. Sementara penambahan terendah di Sumatra Barat yaitu 0 kasus," jelas Wiku.
 
Kasus aktif mingguan di seluruh provinsi juga mengalami penurunan per 8 Mei 2022. Pada persentase BOR ruang isolasi rumah sakit rujukan covid-19 terbilang sangat rendah, yakni sekitar 0,35 sampai 2,71 persen.
 
"Jika melihat pada 8 provinsi tersebut, persentase tertinggi di DI Yogyakarta sebesar 2,71 persen. Sementara terendah di Lampung yaitu 0,99 persen, " paparnya.
 
Angka positivity rate dari tes PCR juga terus menurun. Jika pertengahan Maret lalu angkanya lebih dari 30 persen, pada minggu lalu turun drastis hanya 1,73 persen orang positif dari total yang diperiksa.
 
Namun, Wiku menyayangkan jumlah orang yang diperiksa mingguan mengalami penurunan. Jika pada pertengahan Maret lalu mencapai lebih dari 1 juta orang diperiksa per minggu, pada minggu lalu hanya sekitar 300 ribu orang.
 
"Hal ini perlu kita tingkatkan karena semakin banyak yang dites, maka kita akan semakin dapat melihat gambaran penularan covid-19 yang akurat di tengah masyarakat," kata Wiku.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif