Diskusi Crosscheck by Medcom.id bertajuk 'Pantang Keok Hadapi Tiongkok'. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Diskusi Crosscheck by Medcom.id bertajuk 'Pantang Keok Hadapi Tiongkok'. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Ngabalin: Presiden Dapat Pengecualian Penggunaan Lampu Kendaraan

Nasional tertib lalu lintas
Whisnu Mardiansyah • 12 Januari 2020 22:10
Jakarta: Tenaga ahli kantor staf kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin mengatakan hak Istimewa presiden tidak bisa dijadikan dalil untuk uji materi UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan. Sebagai pejabat negara, presiden mendapatkan keistimewaan khusus.
 
"Kalau dalam persoalan presiden punya motor itu tidak (menyala lampunya) itu tiga pengawal samping kanan kirinya. Dan itu ada pengecualian di seluruh dunia kepada negara itu ada privillage," kata Ngabalin di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 12 Januari 2019.
 
Jadi terang Ngabalin, bukan tanpa kajian aturan penyalaan lampu kendaraan di siang hari. Pantulan cahaya dari lampu kendaraan lebih cepat memberikan isyarat kendaraan di depannya ketimbang membunyikan klakson.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Alasan masalah itu dibuat dalam poin ini. Undang-undang memberikan pengecualian terhadap beberapa pejabat termasuk ambulans dan pemadam kebakaran begitu," terang Ngabalin.
 
Padahal, menurut Ngabalin meski mendapatkan hak khusus di jalan raya, Jokowi kerap meminta diperlakukan sama dengan pengendara masyarakat umum lainnya. Di era Jokowi, jarang memblokade jalan saat iring-iringan presiden lewat.
 
"Dulu kalau presiden mau lewat semua harus bersih jalan selama Jokowi tidak pernah terlaksana itu," jelas Ngabalin.
 
Meski begitu, Istana menghargai upaya dua mahasiswa yang menggugat UU Lalu Lintas dengan dalil hak khusus kepada presiden.
 
"Saya dari awal harus memberikan dukungan agar dia bisa menggunakan hak konstitusinya," pungkasnya.
 
Sebelumnya, Dua mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta, Eliadi Hulu dan Ruben Saputra Hasiholan Nababan mengajukan uji materi UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan.
 
Uji materi diajukan lantaran, keduanya kena tilang saat menuju kampusnya. Pelanggaran Pasal 239 Ayat 2 karena lampu sepeda motor tidak dihidupkan.
 
Keduanya membawa dalil hak khusus kepada Presiden Joko Widodo yang melanggar pasal serupa saat mengendarai sepeda motor di Jalan Sudirman, Kebun Nanas, Tangerang, Banten, 4 November 2018 lalu.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif