Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar saat menghadiri Konvensi Minamata di Jenewa, Swiss. Foto: Dok. Kementerian LHK
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar saat menghadiri Konvensi Minamata di Jenewa, Swiss. Foto: Dok. Kementerian LHK

Siti Nurbaya Pamer Jurus Menghilangkan Merkuri

Nasional pencemaran lingkungan
Theofilus Ifan Sucipto • 26 November 2019 09:46
Jakarta: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar memamerkan langkah Indonesia menghilangkan penggunaan merkuri. Indonesia melarang penggunaan merkuri pada alat dan fasilitas kesehatan pada 2020, seperti termometer, alat pengukur tekanan darah, hingga tambal gigi amalgam.
 
"Kedua, pemerintah Indonesia melakukan program transformasi sosial, ekonomi dan lingkungan bagi komunitas Pertambangan Emas Skala Kecil (PESK)," ujar Siti saat menghadiri COP Konvensi Minamata di Jenewa, Swiss, Senin 25 November 2019.
 
Siti mencontohkan penambangan di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Para penambang dialihkan ke praktik pertanian agroforestri dan agrosilvopasture.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah juga terus menyosialisasikan penerapan teknologi dalam kegiatan PESK. Terdapat sembilan proyek percontohan yang berjalan di sembilan provinsi dengan dukungan dari Kanada.
 
"Terakhir, pemerintah terus melakukan penegakan hukum pada praktik penggunaan merkuri ilegal," tegas Siti.
 
Penegakan hukum dilakukan Direktorat Jenderal Penegakan Hukum KLHK yang bekerja sama dengan kepolisian, kejaksaan, dan pemerintah daerah. Penegakan hukum yang sudah dilakukan di antaranya menyetop penambangan batu Sinabar di Maluku.
 
Siti mengatakan keseriusan Indonesia menghapus merkuri juga dibuktikan dengan penerbitan Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2019 tentang Rencana Aksi Nasional Pengurangan dan Penghapusan Merkuri (RAN-PPM). Perpres itu merupakan implementasi Konvensi Minamata untuk melindungi kesehatan manusia dan lingkungan hidup merkuri.
 
"Dengan RAN-PPM ini pula, Indonesia menjadi salah satu negara pertama yang mengumumkan rencana nasional untuk menghapus merkuri," ujar Siti.
 
Siti meyakini Indonesia bersih dari penggunaan merkuri di sektor tertentu pada 2025. "Pemerintah Indonesia terus melakukan berbagai langkah nyata dalam upayanya menghapus penggunaan merkuri," kata Siti.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif