Sekretaris Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM), Antonius Ratdomopurbo. Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah.
Sekretaris Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM), Antonius Ratdomopurbo. Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah.

Aktivitas Gunung Anak Krakatau Menurun

Nasional Gunung Anak Krakatau
Eko Nordiansyah • 29 Desember 2018 12:54
Jakarta: Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) menyebut aktivitas Gunung Anak Krakatau mulai menurun. Letusan yang terjadi hanya bertipe surtseyan (letusan gunung berapi yang terjadi di laut dangkal) yang dinilai tidak berbahaya.
 
Sekretaris Badan Geologi Kementerian ESDM Antonius Ratdomopurbo menceritakan, pada 28 Desember pukul 00.00-12.00 WIB kemarin, teramati letusan dengan tinggi asap maksimum 200-300 meter di atas puncak kawah.
 
"Pada pukul 14.18 WIB, cuaca cerah, terlihat asap letusan tidak berlanjut. Terlihat tipe letusan surtseyan," kata dia di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Sabtu, 29 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat tidak ada letusan, puncak Gunung Anak Krakatau tidak terlihat lagi. Berdasarkan analisis visual, ketinggian Gunung Anak Krakatau menurun dari diperkirakan 338 meter dari permukaan laut (mdpl), kini tinggal sekitar 110 mdpl.
 
"Volume Anak Krakatau yang hilang diperkirakan sekitar antara 150-180 juta m3. Sedangkan volume yang tersisa saat ini yaitu sekitar antara 40-70 juta m3," jelas dia.
 
Baca: Erupsi Anak Krakatau Tak akan Sedahsyat 1883
 
Dirinya menambahkan, berkurangnya volume tubuh Gunung Anak Krakatau ini diperkirakan karena adanya proses rayapan tubuh gunung api disertai laju erupsi tinggi yang terjadi sejak 24 hingga 27 Desember 2018.
 
"Dengan kondisi seperti ini, potensi yang paling memungkinkan adalah terjadinya letusan surtseyan. Meskipun bisa banyak menghasilkan abu, tapi tidak akan menjadi pemicu tsunami," katanya.
 

 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif