Kapal Pengawas Perikanan Vietnam menabrak kapal ke KRI Tjiptadi-381.
Kapal Pengawas Perikanan Vietnam menabrak kapal ke KRI Tjiptadi-381.

Kapal Pengawas Vietnam Halangi Penangkapan Pencurian Ikan

Nasional pencurian ikan
Candra Yuri Nuralam • 29 April 2019 05:12
Jakarta: Panglima Koarmada I Laksmana Muda TNI Yudo Margono membenarkan insiden tabrakan Kapal Pengawas Perikanan Vietnam bernomor lambung KN 213 dengan kapal perang Indonesia KRI Tjiptadi 381. Indsiden itu berlangsung di laut Natuna Utara, Indonesia.
 
"Berdasarkan lokasi penangkapan, bahwa benar kejadian berada di Perairan Indonesia. Sehingga tindakan penangkapan yang dilaksanakan oleh KRI TJIPTADI-381 adalah sudah benar dan sesuai prosedur. Namun pihak Vietnam juga mengklaim bahwa wilayah tersebut merupakan perairan Vietnam," kata Yudo melalui keterangan tertulis, Minggu, 28 April 2019.
 
Yudo menjelaskan, kejadian itu bermula saat KRI Tjiotadi 381 melihat Kapal Ikan Asing (KIA) Vietnam BD 979 sedang melakukan pemancingan ilegal di perairan Indonesia. KRI Tjiotadi 381 langsung melakukan penangkapan terhadap KIA Vietnam tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat akan mendekati KIA Vietnam, kata Yudo, Kapal Pengawas Perikanan Vietnam KN 213 justru menghalangi lajur KRI Tjiotadi 381. Saat bertubrukan, anggota TNI yang berada di atas kapal langsung bersiaga mengarahkan senjata ke Kapal Vietnam dan beberapa diantaranya menusuk badan kapal menggunakan besi. Tidak ada tembakan saat kejadian berlangsung.
 
"Terkait tindakan yang dilakukan oleh KRI Tjiptadi-381 sudah benar dengan menahan diri, untuk meminimalisir adanya ketegangan atau insiden yang lebih buruk diantara kedua negara, dimana kejadian/insiden di atas akan diselesaikan melalui Goverment To Goverment (G2G)," ujar Yudo.
 
Yudo mengatakan kapal BD 979 yang ditabrak kapal dinas perikanan Vietnam KN.264 dan KN.231 mengalami kebocoran. Bahkan akibat kapal tenggelam akibat kebocoran tersebut.
 
12 Abk Kapal ikan vietnam berhasil diamankan ke atas KRI TPD-381, namun dua abk vietnam yang berada diatas Kapal ikan tersebut berhasil melompat ke laut dan ditolong oleh Kapal Pengawas Perikanan Vietnam. Selanjutnya ke-12 Abk kapal vietnam dibawa dan akan diserahkan ke Lanal Ranai guna proses hukum selanjutnya.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif