Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie saat menerima tanda kehormatan. Foto: Istimewa.
Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie saat menerima tanda kehormatan. Foto: Istimewa.

Dirjen Imigrasi Dapat Bintang Kehormatan dari Presiden

Nasional imigrasi
Candra Yuri Nuralam • 15 Agustus 2019 18:57
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanda kehormatan Bintang Jasa Utama kepada Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Ronny F Sompie di Istana Negara. Kinerja Ronny dinilai baik dalam memberikan sumbangsih kepada negara.
 
"Bintang jasa ini adalah bintang medali sipil yang dikeluarkan oleh pemerintah setingkat di bawah Bintang Mahaputra. Bintang ini diberikan pada mereka yang berjasa luar biasa terhadap nusa dan bangsa pada bidang sipil atau militer," kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Ujo Sutojo di Jakarta, Kamis, 15 Agustus 2019.
 
Ronny diberikan penghargaan Bintang Jasa Utama lantaran kinerjanya dalam mencegah tenaga kerja Indonesia nonprosedural (TKI NP) berangkat ke luar negeri. Kebijakan ini diaggap efektif dalam mencegah WNI menjadi korban perdagangan orang lintas negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kiprah Ronny dalam pencegahan keberangkatan TKI NP dimulai pada 2017 ketika menerbitkan Surat Edaran Nomor IMI-0277.GR.02.06 Tahun 2017. Surat itu mengatur penundaan terhadap permohonan penerbitan paspor dan pencegahan keberangkatan TKI nonprosedural.
 
"Surat edaran ini diterbitkan setelah maraknya WNI yang menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di luar negeri. Ronny menginstruksikan para petugas Imigrasi agar proaktif dalam upaya pencegahan pengiriman TKI nonprosedural," ujar Ujo.
 
Ujo mengatakan upaya awalnya ini dimulai dari permohonan penerbitan paspor di kantor imigrasi hingga keberangkatan melalui tempat pemeriksaan imigrasi di bandara atau pelabuhan dan perlintasan darat. Hingga saat ini, Dirjen Imigrasi menyelamatkan 14.576 WNI yang akan bekerja di luar negeri secara nonprosedural.
 
Baca: Jokowi Beri Tanda Kehormatan untuk 29 Tokoh Indonesia
 
Selain itu, Ronny juga dianggap berhasil dalam mendekatkan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat melalui pendirian sembilan unit kerja kantor imigrasi (UKK) dan 20 unit layanan paspor (ULP). Pelayanan keimigrasian saat ini juga bisa diakses masyarakat di mal pelayanan publik, layanan terpadu satu pintu (LTSP), serta beberapa pusat perbelanjaan.
 
Pemberian tanda kehormatan bintang untuk sipil ini diatur Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan. Hal itu juga dibahas di Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan UU Nomor 20 Tahun 2009.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif