Kompol Asmida Rizki Siregar--Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Kompol Asmida Rizki Siregar--Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Kisah Wanita Calon Komandan Kontingen Misi Perdamaian PBB

Nasional pasukan perdamaian
Theofilus Ifan Sucipto • 16 Desember 2018 17:36
Bogor: Sebanyak 379 Peacekeeper atau anggota Polri untuk misi perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan diberangkatkan pada 5 Januari 2019. Dari 379, enam Peacekeeper di antaranya memimpin kelompok-kelompok kecil berdasarkan unit.
 
Dari enam pemimpin, salah satu yang menarik perhatian adalah Kompol Asmida Rizki Siregar. Ia adalah satu-satunya pemimpin wanita dalam misi kali ini dan menjabat sebagai Calon Komandan Kontingen.
 
Sebelumnya, ia sudah pernah mengikuti misi perdamaian ke Haiti pada tahun 2010, dan kini kembali mengikuti misi ke tempat yang sama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wanita yang menjadi Kepala Unit (Kanit) V Politik Polda Riau ini mengaku tidak ada kendala berarti selama menjalani misi perdamaian PBB.
 
“Yang penting mental, fisik, dan semangat,” ungkapnya di Pusat Latihan Multifungsi Polri Cikeas, Bogor, Jawa Barat pada Minggu 16 Desember 2018.
 
Baca: Simulasi Peragaan Peacekeeper PBB Pukau Hadirin
 
Asmida menambahkan, misi utama di Haiti adalah menegakkan hukum dan membentuk kepolisian setempat. “Kami berupaya memberi teladan bagi polisi lokal untuk menegakkan hukum terutama terhadap perempuan dan anak-anak,” ujar Asmida.
 
Kemudian, lanjutnya, karena misinya adalah stabilisasi, maka di tim di Haiti tidak kontak senjata secara langsung.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif