Filosofi Gasing bagi Mensos
Menteri Sosial Idrus Marham (tengah) mengkampanyekan permainan tradisional. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
Jakarta: Menteri Sosial Idrus Marham menyukai gasing sejak kecil. Perputaran yang dihasilkan benda itu menjadi alasan dia menyukainya.

"Gasing itu berputar dinamis seperti kehidupan saya," kata Menteri Sosial Idrus Marham di Silang Monas, Minggu, 25 Maret 2018.

Menurut dia, banyak arti yang bisa dipetik dari permainan tersebut, terlebih, bila gasing dibuat dengan tangan sendiri. Oleh sebab itu, dia paham betul bagaimana memaknai gasing.


Salah satu pelajaran kehidupan yang bisa diambil adalah untuk dapat bertahan dalam menjalani kehidupan. Hal tersebut terpancar dari ketahanan gasing berputar di lokasi yang tidak menentu. 

"Kalau mau survive seperti gasing yang mutar-mutar, artinya banyak rintangan," tambah dia.

Sebelumnya, Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) bersama PT Jhonson & Jhonson Indonesia menggelar festival arena permainan tradisional bertajuk #JamMainKita untuk meningkatkan kualitas anak Indonesia. Hal itu terkait dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk kembali melestarikan permainan tradisional.

Permainan tradisional dinilai dapat meningkatkan kreativitas serta kesetiakawanan sosial pada anak Indonesia. Dengan begitu, mereka dapat mencintai Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.





(OGI)