KNKT Tegaskan Lion Air PK-LQP Laik Terbang

Dheri Agriesta 29 November 2018 17:14 WIB
Lion Air Jatuh
KNKT Tegaskan Lion Air PK-LQP Laik Terbang
Lion Air - AFP
Jakarta: Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menegaskan status pesawat Lion Air PK-LQP dengan rute Denpasar - Jakarta laik terbang. Kondisi ini didukung dokumen pelepasan yang dimiliki teknisi pesawat. 

"Kami tekankan kembali bahwa dari catatan perawatan pesawat yang tercatat di Aircraft Flight Maintenance Log (AMFL) teknisi telah melakukan perbaikan dan pengujian," kata Ketua Sub-komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan Nurcahyo Utomo di Kantor KNKT, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Kamis, 29 November 2018.

Hasil pengujian menyatakan pesawat berada dalam kondisi laik terbang. Kondisi laik ini hingga saat pesawat berangkat dari Jakarta menuju Pangkal Pinang pada 29 Oktober 2018. 


"Demikian pula saat pesawat berangkat dari Jakarta, pesawat dalam kondisi laik terbang," kata Nurcahyo. 

Sebelumnya, Lion Air Group membantah pesawat Lion Air PK-LQP dalam penerbangan Denpasar-Jakarta tidak laik terbang. Penerbangan tersebut merupakan penerbangan terakhir sebelum pesawat nahas itu jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang. 

(Baca juga: Lion Air Bantah Pesawatnya Tak Laik Terbang)

Presiden Direktur Lion Group, Edward Sirait menjelaskan pernyataan tidak laik terbang tersebut muncul di sejumlah media selepas konferensi pers laporan awal investigasi kecelakaan Boeing 737 8 Max registrasi PK-LQP. Namun, menurut dia, pernyataan tersebut tidak benar.

Oleh karena itu, Lion Air meminta KNKT mengklarifikasi kebenaran informasi tersebut. Edward mengatakan, pihaknya juga akan melayangkan surat kepada KNKT. 

"Kita akan meminta klarifikasi ini secara terukur karena dinyatakan tidak laik terbang, ini pesawat laik terbang," imbuh dia.





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id