Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendukung transisi energi di Indonesia. Foto: Dok/Screenshot Metro TV
Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendukung transisi energi di Indonesia. Foto: Dok/Screenshot Metro TV

Indonesia, AS, dan Jepang Kerja Sama Demi Mencapai Nol Emisi Karbon

Imanuel R Matatula • 16 November 2022 18:47
Nusa Dua: Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan akan bersama-sama bekerja sama dengan Indonesia dan Jepang guna mendorong proyek berbasis energi terbarukan. Hal ini guna mencapai Net Zero Emission (NZE).
 
"Kami dengan Indonesia dan Jepang bersama sama menciptakan Just Energy Transition Partnership (JETP) untuk mencapai Net Zero Emission (NZE)," kata Joe Biden di KTT G20, di Bali, 15 November 2022.
 
Baca juga: Menkeu: Pemimpin G20 Berkomitmen Kembangkan Transisi Energi

 
Selain itu, Amerika sebagai salah satu negara maju yang tergabung dalam G7 berkomitmen mendanai hingga USD 20 miliar atau sekitar Rp 311 triliun untuk mendorong proyek berbasis energi terbarukan seperti mendukung pengembangan kendaraan listrik dan teknologi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita mobilisasi USD 20 miliar dalam pengembangan EBT dan mendukung transisi energi untuk menjauhi batu bara," kata Joe Biden.
 
Dari kerja sama itu, Indonesia diminta mengurangi emisi karbon dari sektor energi sampai 290 megaton sampai 2030. Bagi Indonesia, kucuran dana itu dapat membantu target net zero emission yang diharapkan terwujud pada 2060.
 
 
(MBM)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif