Malam Muda-mudi JFK Meriahkan HUT ke-491 DKI Jakarta

Anggi Tondi Martaon 21 Juni 2018 23:01 WIB
jakarta fair
Malam Muda-mudi JFK Meriahkan HUT ke-491 DKI Jakarta
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengalungkan selendang kepada pemenang Miss Jakarta Fair 2018 Raissa Almira Rusmansyah (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
Jakarta: Jakarta Fair Kemayoran (JFK) turut memperingati HUT ke-491 DKI Jakarta. Pameran terbesar di Indonesia itu mengangkat tema Malam Muda-mudi.

Marketing Director PT Jakarta International Expo (JIExpo) Ralp Scheunemann mengatakan, konsep Malam Muda-mudi merupakan tradisi yang dipertahankan pihak penyelenggara. Konsep tersebut sudah tercetus semenjak pemerintahan Ibu Kota dipimpin Ali Sadikin.

"Konsep Malam Muda-mudi berasal dari keinginan Ali Sadikin menciptakan sebuah pesta rakyat yang menyajikan karnaval, pertunjukan kesenian, serta panggung musik dalam perayaan hari jadi kota Jakarta yang dapat dinikmati seluruh masyarakat," kata Ralp, ditemui di area panggung utama Jakarta Fair di Kemayoran, Kamis, 21 Juni 2018.


Ralp menyebutkan, ada banyak acara yang dipersiapkan pihak penyelenggara, di antaranya, karnaval, konser musik RAN, pemilihan Miss Jakarta Fair, pertunjukan kembang api, dan ragam acara hiburan lain.

Pantauan Medcom.id, gelaran acara Malam-mudi dibuka dengan penampilan para finalis Miss Jakarta Fair 2018 di panggung utama. Dalam acara tersebut, pihak penyelenggra juga memutar video pendek tentang perjalanan pemilihan Miss Jakarta Fair 2018.

Sembari menyaksikan penampilan Miss Jakarta Fair 2018, perhatian pengunjung terpecah kala karnaval kesenian mulai perjalananya mengitari area JIExpo Kemayoran. Iring-iringan tersebut menampilkan berbagai kesenian, mulai dari ondel-ondel, tarian adat Betawi, marching band, cosplay, dan berbagai penampilan lainnya.

Kemeriahan karnaval tersebut menarik perhatian pengunjung. Mereka langsung mengabadikan momen tersebut dengan smartphone masing-masing.

Kembali ke area panggung utama, hiburan dilanjutkan dengan penampilan Band Larina. Setelah membawakan beberapa lagu, acara puncak Malam Muda-mudi dilanjutkan fashion show yang dilakukan oleh 10 finalis Jakarta Fair 2018, mengenakan busana hasil perancang Ariesanthi.

Ralp menjelaskan tak hanya memamerkan wajah yang rupawan, Miss Jakarta Fair 2018 juga harus memiliki pengetahuan mumpuni, khususnya di bidang pariwisata dan Kota Jakarta. Sebab, konsep Jakarta Fair selalu berhubungan dengan HUT DKI Jakarta.


Marketing Director PT Jakarta International Expo (JIExpo) Ralp Scheunemann (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)

"Nanti bisa dilihat juri-juri memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan pariwisata, kota Jakarta, dan Jakarta Fair itu sendiri," ujar Ralp.

Setelah seluruh finalis menjawab pertanyaan yang diberikan dan sambil menunggu pengumuman pemenang, pengunjung kemudian disajikan dengan koreografi menarik dari maskot Asian Games 2018, yaitu yaitu Kaka (badak bercula satu), Atung (rusa Bawean) dan Bhin Bhin (burung Cendrawasih).

Hal itu dilakukan sebagai salah satu promosi, mengingat Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games, ajang olahraga terbesar di Benua Asia. Menariknya, pada kesempatan tersebut, ketiga maskot yang mewakili hewan endemik Indonesia itu menghibur penonton dengan koreografi yang unik.

Setelah melalui proses penilaian, pihak juri yang terdiri dari Ralp Scheunemann (Marketing Director PT JIExpo), Michael Helmi (Makarizo), Kezia Kasenda (Posture Management), dan Sugi Martono (Latulipe) menetapkan Vania Valencia sebagai Miss Sosial Media Jakarta Fair 2018; Isti Ifni Tiani sebagai Miss Favorit Jakarta Fair 2018; Andi Tenri Shafira sebagai Miss Rambut Terindah Jakarta Fair 2018; Miss Event International Reyra Dewanti Kumala Raden.

Sementara, pilihan Miss Jakarta Fair Tahun 2018 dijatuhkan kepada Raissa Almira Rusmansyah. Pengalungan selendang Miss Jakarta Fair dilakukan langsung oleh Wakil Gunernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Acara belum berakhir, pengunjung kemudian disuguhkan pesta kembang api. Sambil melihat percikan indah di langit, momen puncak menyambut HUT DKI Jakarta itu diiringi dengan lagu Tanah Airku dan suara Proklamator Indonesia, Soekarno yang membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Pada penghujung Malam Muda-mudi, pengunjung disuguhkan penampilan RAN selama satu jam.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id