Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie). Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie). Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Tekan Lonjakan Covid-19, Masyarakat Harus Konsisten Terapkan Protokol Kesehatan

Nasional Virus Korona libur panjang protokol kesehatan
Theofilus Ifan Sucipto • 30 November 2020 17:44
Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) menegaskan masyarakat mesti konsisten menerapkan protokol kesehatan. Lonjakan kasus sebanyak 6.267 orang pada Minggu, 29 November 2020 menjadi peringatan keras bersama.
 
"Tidak ada pilihan lain untuk menghadapi ancaman itu selain terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan," kata Rerie dalam keterangan tertulis, Senin, 30 November 2020.
 
Rerie prihatin berulangnya kasus tertinggi covid-19. Padahal, pemerintah telah berupaya keras mencegah penyebaran virus berbahaya itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jangan pernah beranggapan vaksinasi massal semakin dekat sehingga kita boleh longgar dalam disiplin melaksanakan protokol kesehatan,” tegas politikus NasDem itu.
 
Rerie menyebut perlu kesadaran pemerintah dan masyarakat menerapkan protokol kesehatan. Caranya dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.
 
(Baca: Selain 3M, Masyarakat Diimbau Terapkan 3K)
 
Dia mengimbau elite politik, tokoh agama, dan tokoh masyarakat menjadi teladan. Apalagi menjelang libur Natal dan tahun baru.
 
“Momen liburan akhir tahun harus menjadi perhatian serius agar tidak terulang menciptakan klaster baru covid-19 akibat kerumunan saat libur panjang,” tutur dia.
 
Rerie menyebut wacana pemangkasan libur akhir tahun adalah ikhtiar pemerintah mencegah kerumunan. Masyarakat diminta menjaga kesehatan jelang masa vaksinasi covid-19 pada awal 2021.
 
"Sebaiknya masa liburan akhir tahun digunakan untuk menyiapkan diri memasuki masa vaksinasi dengan kondisi tubuh yang lebih sehat," papar Rerie.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif