Menparekraf Sandiaga Uno mulai berkantor di Bali, Kamis, 28 Januari 2021. Foto: Istimewa
Menparekraf Sandiaga Uno mulai berkantor di Bali, Kamis, 28 Januari 2021. Foto: Istimewa

Banyak Peminat, Menteri Sandiaga Bakal Mengembangkan Wisata Religi

Nasional Pariwisata Virus Korona Media Group pandemi covid-19 Pemulihan Ekonomi Nasional Media Group News Summit Indonesia 2021
Sri Yanti Nainggolan • 28 Januari 2021 17:12
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bakal mengembangkan wisata religi. Wisata ini meliputi seluruh agama yang ada di Tanah Air.
 
"Karena permintaan makin meningkat, maka harus kita jadikan fokus, rebalancing supply and demand," kata Sandi dalam Media Group News (MGN) Summit 2021 Wonderful Indonesia: Reviving the Tourism Industry, Kamis, 28 Januari 2021.
 
Sandi mengatakan wisata religi merupakan bentuk layanan tambahan. Salah satunya, Bali yang menyediakan banyak restoran dengan menu halal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mencontohkan wisata religi lain selain wisata halal. Misalnya, wisata Jalan Salib di Larantuka, Nusa Tenggara Timur.
 
"Saya dihubungi Keuskupan Ruteng, dia bilang jangan lupa Manggarai Barat sampai Larantuka punya enam spot untuk retreat," ucap Sandi.
 
Baca: Pemerintah Bakal Kembangkan Wisata Overland
 
Contoh lain wisata ziarah, misalnya wisata Makam Wali Songo. Wisata ziarah lain yang mulai mendapat perhatian adalah mengunjungi makam para tokoh sejarah seperti Presiden Soekarno, Soeharto, dan Abdurrahman Wahid (Gus Dur).
 
MGN Summit merupakan hybrid event yang berupaya menemukan solusi di tengah pandemi. Acara yang mengambil tema "Solusi Maju Bersama' ini menggabungkan konsep off air dan on air yang terbagi ke dalam beberapa sesi. Dalam setiap sesinya, hadir beberapa pembicara dari perwakilan pemerintah, pengusaha, akademisi, hingga para ahli.
 
Salah satu elemen penting dari MGN Summit ini adalah paparan hasil survei dari News Research Centre (NRC) Media Group News. Survei dilakukan secara nasional di 34 provinsi di Tanah Air. Survei ini menjadi pemantik dalam pembahasan di MGN Summit.
 
Ada empat hal yang disoroti dalam survei, yakni pemulihan ekonomi (economic recovery), kesehatan masyarakat (public health), energi hijau (energy go green), dan pariwisata (tourism). Di luar empat tema besar itu, MGN Summit juga akan membahas permasalahan terkini, terutama antisipasi dampak gelombang baru covid-19.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif