Presiden Joko Widodo mengunjungi lokasi terdampak banjir dan longsor di Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa, 7 Januari 2020. Foto: Biro Pers Setpres/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo mengunjungi lokasi terdampak banjir dan longsor di Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa, 7 Januari 2020. Foto: Biro Pers Setpres/Laily Rachev

Jokowi Instruksikan Reboisasi Hutan di Jabar dan Banten

Nasional banjir jakarta cuaca ekstrem Jakarta Banjir
Damar Iradat • 08 Januari 2020 18:38
Jakarta: Presiden Joko Widodo menegaskan perlu dilakukan reboisasi hutan gundul di kawasan pegunungan Jawa Barat dan Banten. Hal ini demi mencegah terjadinya kembali bencana banjir dan longsor di dua provinsi tersebut.
 
Jokowi menginstruksikan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya menyiapkan bibit pohon. Reboisasi, kata dia, tepat dilakukan saat musim hujan.
 
"Sehingga bisa kita lakukan dalam bulan-bulan Januari dan Februari ini," kata Jokowi saat rapat koordinasi dengan sejumlah kepala daerah terkait bencana banjir dan longsor di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 8 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, reboisasi jangan hanya penanaman bibit pohon-pohon keras, tetapi juga tanaman pencegah longsor seperti vetiver alias akar wangi. Jokowi pun akan mencari bibit akar wangi.
 
"Sehingga bisa dilakukan penanaman terutama di Lebak dan Kabupaten Bogor. Termasuk juga nanti saya minta Kemenhut (Kementerian Kehutanan) agar sebanyak-banyaknya disiapkan di kabupaten-kabupaten yang ada tadi untuk tanaman-tanaman kerasnya," tegas dia.
 
Tidak hanya itu, Jokowimengajak semua pemangku kepentingan mengevaluasi total sistem pengendalian banjir dan bencana alam. Dia menekankan pengendalian banjir harus dilakukan dari hulu ke hilir.
 
"Sehingga betul-betul memiliki strategi besar jangka pendek, menengah, dan panjang. Yang saya tahu seperti masterplan ini sudah ada, tapi implementasi perlu lebih detail lagi kerja sama antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten kota," tutur Jokowi.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif