Presiden Joko Widodo berpelukan bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla. foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo berpelukan bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla. foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

Momen Terakhir Jokowi - JK

Nasional jokowi-jk
Desi Angriani • 18 Oktober 2019 17:15
Jakarta: Lima tahun bersama menjadi momen tak terlupakan bagi pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Jokowi mengaku kerap bertukar pikiran dan pengalaman dengan pria asal Makassar tersebut.
 
"Itu hal sangat baik bagi saya untuk bertukar pikiran memutuskan banyak hal," kata Jokowi dalam acara perpisahan Kabinet Kerja di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 18 Oktober 2019.
 
Menurut Jokowi, JK tak hanya piawai di bidang politik tapi juga pengusaha handal. Jokowi pun mengucapkan terima kasih atas kerja keras pasangannya tersebut. Tanpa JK, Jokowi tak bisa berbagi tugas dan mengatasi berbagai hal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ucapan terima kasih sebesar-sebesarnya kepada Pak JK," kata Jokowi.
 
Jokowi juga menyampaikan kesannya atas perpisahan bersama anggota Kabinet Kerja. Menurut dia, hal ini merupakan momen spesial selama beberapa tahun terakhir.
 
Sebab, selama ini ia mengumpulkan menterinya hanya untuk menghadiri rapat terbatas maupun sidang kabinet. Dalam kesempatan itu, Jokowi-JK dan para menteri bisa bersantai sembari menyaksikan pertunjukan musik.
 
"Mohon maaf mungkin dalam lima tahun ini kita baru bertemu agak santai hari ini. Baru ada yang nyanyi biasanya kalau enggak ratas," kata Jokowi.
 
Beberapa menteri menyumbangkan suaranya, seperti Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi dan penampilan khusus dari Elek Yo Band.
 
Grup musik tersebut bentukan sejumlah menteri dalam Kabinet Kerja, yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menkominfo Rudiantara dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
 
Terpisah, Jusuf Kalla ditanya mengenai kesan bersama Jokowi. Dia bilang lima tahun ini merupakan yang terbaik, dan Kalla mengaku akan sering menelepon Jokowi bila rindu. Ia pun meminta maaf atas ketidaksempurnaannya dalam mengemban tugas sebagai Wakil Presiden.
 
"Saya sampaikan selamat bekerja semoga semuanya sukses kita doakan. Bagi teman-teman yang ikut sama saya artinya istirahatnya. Kita lanjutkan mendukung beri pandangan dan juga harapan kepada presiden dengan tim yang akan datang kita," ucap JK.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif