Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi. Metro TV
Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi. Metro TV

Metro Pagi Primetime

Pemudik Banyak Tak Tahu Penerapan Ganjil Genap di Tol Jakarta-Cikampek

Nasional Mudik Lebaran polri sistem ganjil genap Mudik Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
MetroTV • 26 April 2022 11:34
Jakarta: Sejumlah skema pergerakan jalur mudik telah dipersiapkan Korlantas Polri untuk mengatur arus kendaraan. Korlantas Polri menguji coba sistem ganjil-genap di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) mulai Senin hingga Rabu, 24-27 April 2022.
 
Ganjil-genap dinilai efektif menekan kemacetan di titik rawan kepadatana. Namun, uji coba di hari pertama menunjukkan banyak masyarakat tak tahu ganjil-genap diterapkan di Tol Jakarta-Cikampek sehingga memicu kemacetan di beberapa titik. 
 
"Masih banyak masyarakat yang tanda tanya dan ini menjadi hambatan. Ini akan menjadi evaluasi kita kedepannya untuk bisa melanjutkan program ganjil-genap di tol Japek," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi dalam tayangan Metro Pagi Primetime di Metro TV, Selasa, 26 April 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pelaksanaan simulasi ganjil-genap diharap dapat menginformasikan kepada pemudik terkait jalur mudik yang dapat digunakan. Korlantas Polri bersama stakeholder terkait memastikan pemudik dapat menggunakan Tol Jakarta-Cikampek dengan nyaman.
 
Korlantas Polri juga menyiapkan sejumlah antisipasi kepadatan di Tol Jakarta-Cikampek. Mulai dari buka-tutup akses yang menuju ke jalan tol Japek, mengurai penumpukan di gerbang tol, serta layanan derek gratis. 
 
"Apabila hambatan seperti mogok dan kecelakaan, pasukan untuk derek. Pengurai kemacetan sudah digelar baik di tol maupun arteri," kata Firman. (Fauzi Pratama Ramadhan)
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif