Bangunan terdampak gempa Pandeglang, Banten. (BNPB)
Bangunan terdampak gempa Pandeglang, Banten. (BNPB)

Warga Diimbau Jauhi Bangunan yang Berpotensi Ambruk Akibat Gempa

Nasional gempa Gempa Bumi BNPB Gempa Banten Gempa Pandeglang
Fachri Audhia Hafiez • 15 Januari 2022 11:40
Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat terdampak gempa Banten menjauhi bangunan yang berpotensi ambruk. Gempa Banten membuat sejumlah bangunan mengalami kerusakan.
 
"Masyarakat diharapkan agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa," kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, melalui keterangan tertulis, Sabtu, 15 Januari 2022.
 
Gempa Banten, kata Abdul, membuat 257 unit rumah mengalami kerusakan. Data sementara itu dihimpun per pukul 00.25 WIB pada Sabtu, 15 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Abdul, gempa Banten dirasakan di wilayah barat Pulau Jawa dan selatan Pulau Sumatra. Sejumlah wilayah yang merasakan guncangan gempa meliputi Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kabupaten Lebak di Provinsi Banten.
 
"Kemudian, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bogor, Kota Bogor dan Kota Depok di Jawa Barat. Selanjutnya, adalah Provinsi DKI Jakarta dan Kabupaten Lampung Barat," kata Abdul.
 
Baca: BNPB: 257 Rumah Rusak Terdampak Gempa Banten
 
Abdul juga meminta masyarakat tenang menghadapi situasi pascagempa. Selain itu, warga diharapkan memeroleh informasi seputar gempa dari sumber resmi untuk terhindar dari hoaks.
 
"Informasi resmi bersumber dari pihak yang dapat dipertanggungjawabkan," ujar Abdul.
 
Gempa 6,7 magnitudo mengguncang Pandeglang, Banten, pada Jumat, 14 Januari 2022, sekitar pukul 16.05 WIB. Menurut info Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa tidak berpotensi tsunami.
 
 
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif