Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Jawab Kekhawatiran Presiden Soal Macet, Polri Siapkan Rekayasa Lalin

Nasional Jokowi Mudik Lebaran polri lalu lintas Korlantas Mudik Lebaran 2022
Siti Yona Hukmana • 21 April 2022 11:48
Jakarta: Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri siap menerapkan rekayasa lalu lintas (lalin) di sejumlah ruas jalan tol saat mudik Lebaran 2022. Langkah ini untuk menjawab kekhawatiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait macet total di jalan tol jika tak ada rekayasa lalin.
 
"Korlantas dan jajaran dibantu dengan stakeholder terkait sudah siap melaksanakan rekayasa lalu lintas one way bersamaan dengan ganjil genap," kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi saat dikonfirmasi, Kamis, 21 April 2022.
 
Eddy menyebut persiapan rekayasa lalin sudah matang. Korlantas Polri telah melaksanakan survei ke lokasi, rapat koordinasi, diskusi, serta menyiapkan personel dan sarana prasarana mendukung rekayasa lalin tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita juga sudah melakukan tactical floor game (TFG) dengan polda yang akan melaksanakan dan polda juga sudah melakukan hal yang sama," ucap Eddy.
 
Eddy mengatakan Korlantas Polri telah menyosialisasikan rekayasa lalin kepada masyarakat. Dia meminta dukungan agar pelaksanaan rekayasa lalin bisa berjalan lancar.
 
"Kita sudah menyosialisasikan rekayasa ini setelah surat keputusan bersama ditandatangani," ujar Eddy.
 
Baca: Menhub Ajak Masyarakat Mudik Lebih Awal
 
Jokowi mengaku sudah berkali-kali menggelar rapat terbatas (ratas) membahas persiapan mudik Lebaran 2022. Kepala Negara khawatir ada kemacetan total jika tak ada rekayasa lalin.
 
"Saya ingatkan sudah tiga kali kita ratas kan untuk manajemen lalu lintas, manajemen traffic-nya betul-betul disiapkan. Karena yang saya takutkan di tanggal 28, 29, 30 (April) itu akan macet total kalau tidak ada rekayasa lalu lintas," kata Jokowi di Sumenep seperti dalam tayangan video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 20 April 2022.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif