Tangkapan layar Metro TV
Tangkapan layar Metro TV

Selamat Pagi Indonesia

Fauna Indonesia, Penangkaran Binatang Endemik Indonesia di Tengah Kota Cibubur

Nasional Lingkungan Hidup Hewan Dilindungi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Selamat Pagi Indonesia
MetroTV • 15 Oktober 2021 14:55
Jakarta: Berbeda dengan tempat pelestarian alam yang biasa berada di pegunungan, Fauna Indonesia menyajikan tempat berlindung bagi hewan khas Indonesia di tengah Kota.
 
Tempat penangkaran ini terletak di Cibubur, Jakarta Timur. Selain menangkarkan hewan, tempat ini juga menjadi tempat penyelamatan satwa liar sebelum dilepasliarkan ke alam.
 
"Jadi, tempat ini menjadi safeguard ketika ada decline populasi di habitatnya. Harapannya, semoga satwa dari kita itu bisa membantu mencegah kepunahan," kata Pemilik Fauna Indonesia, Danny Gunalen, dalam Selamat Pagi Indonesia Metro TV, Jumat, 15 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia bercerita pendirian tempat ini dimulai dari kecintaannya terhadap fauna Indonesia. Danny melihat perlu adanya tempat untuk mengamankan fauna endemik Indonesia di satu tempat atau eksitu konservasi.
 
Baca: Macan Tutul Jawa Muncul di Hutan Sanggabuana Karawang
 
"Kami bermitra dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Kami melakukan penangkaran satwa endemik dengan bimbingan KLHK. Selain itu, kami juga mencoba untuk membiakkan," ujar Danny.
 
Hingga saat ini pihaknya telah berhasil mengembakbiakkan beberapa fauna lokal. Salah satunya kura-kura kepala ular dari Pulau Rote yang sempat terancam punah. (Mentari Puspadini)
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif