Ilustrasi. Foto: AFP
Ilustrasi. Foto: AFP

Besok, Indonesia Terima Lagi 15 Juta Bahan Baku Vaksin Sinovac

Nasional Virus Korona Bio Farma vaksin covid-19 Sinovac
Fachri Audhia Hafiez • 11 Januari 2021 13:15
Jakarta: Indonesia akan kedatangan lagi 15 juta bahan baku vaksin bentuk bulk dari produsen Sinovac. Vaksin asal Tiongkok itu diperkirakan tiba Selasa, 12 Januari 2021.
 
"Sebanyak 15 juta bahan baku vaksin Insyaallah datang besok dari Sinovac," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 11 Januari 2021.
 
Budi belum mengungkap jadwal lengkap tibanya vaksin tersebut. Namun, vaksin ini akan diproses oleh PT Bio Farma usai mendarat di Tanah Air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karena masih berbentuk bulk, maka harus melalui sistem produksi menjadi vaksin utuh. Kedatangan vaksin ini akan menambah stok vaksin Sinovac di Indonesia.
 
"Sehingga nanti di awal Februari 2021 kita sudah punya 12 juta vaksin jadi dari 15 juta bahan baku ini," ujar Budi.
 
Kedatangan 15 juta bahan baku vaksin ini sempat disinggung Presiden Joko Widodo (Jokowi) pekan lalu. Setelah diproduksi PT Bio Farma, vaksin langsung didistribusikan ke daerah.
 
Baca: Tenaga Kesehatan Diharap Tak Meragukan Program Vaksinasi Covid-19
 
Kedatangan vaksin diharapkan langsung menyambung distribusi vaksin sejak 3 Januari yang mulai disuntikkan pada 13 Januari 2021. Penyuntikan vaksin menyasar pada sasaran prioritas pertama.
 
"Untuk vaksinasi yang pertama prioritasnya tenaga kesehatan, dokter, perawat yang ada di rumah sakit," ujar Jokowi di Istana Jakarta Pusat, Selasa, 5 Januari 2021.
 
Kelompok kedua yang bakal divaksinasi ialah personel TNI-Polri, guru, dan petugas pelayanan publik. Total kelompok ini mencapai 17,4 juta orang.
 
Ketiga, vaksin akan diberikan ke kelompok lanjut usia di atas 60 tahun yang jumlahnya 21,5 juta orang. Masyarakat umum disuntik vaksin setelah vaksinasi kelompok prioritas selesai.
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif