Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Pemudik Diminta Berkendara Tak Lebih dari 80 km/jam

Nasional mudik natal dan tahun baru
Nur Azizah • 25 Desember 2019 17:37
Jakarta: Pemudik diimbau menaati ketentuan kecepatan yang sudah diatur saat melintas di Gerbang Tol Jakarta-Cikampek. Pemudik juga diminta tak fokus pada satu gerbang tol untuk menghindari kepadatan.
 
"Sebenarnya jalan Japek sudah atur dengan baik, kecepatan tidak boleh melampaui 80 km/jam," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jalan Bango I, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu, 25 Desember 2019.
 
Pemudik juga diminta tidak memaksakan kalau ada kebijakan penutup jalan. Kondisi mobil dan bensin juga harus diperhatikan dengan baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pengemudi juga harus sudah makan, jangan di tengah tiba-tiba cari makan," ungkap dia.
 
Belajar dari arus mudik lebaran, Kementerian Perhubungan dan Jasa Marga bekerja sama menambah tempat parkir. Tempat parkir akan dilengkapi dengan toilet portabel.
 
"Untuk Japek memang akan ada parking bay, parking bay itu setidaknya ada 10 mobil di situ, dan situ ada tempat toilet. Tapi yang selalu kritis itu di Cipali, kita akan bicara dengan Badan Pengatur Jalan Tol untuk mempersiapkan parking bay lebih banyak," kata dia.
 
Di sisi lain, dia mengingatkan pemudik untuk kembali lebih awal. Ini untuk menghindari kemacetan saat puncak arus balik yang diprediksi pada 31 Desember 2019-1 Januari 2020.
 
"Mengimbau kepada para pemudik jangan pulang saat itu. Kalau bisa tanggal 30 atau setelah tanggal 1 Januari, karena akan terjadi kepadatan di Tol Cipali," kata dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif