Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (ketiga kiri). Foto: Dhemas Reviyanto/Antara
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (ketiga kiri). Foto: Dhemas Reviyanto/Antara

Penusuk Wiranto Jaringan JAD Bekasi

Nasional Wiranto Diserang
Nur Azizah • 10 Oktober 2019 17:29
Jakarta: Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Budi Gunawan menyebut Syahrial Alamsyah (SA) alias Abu Rara, dan Fitri Andriana merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Bekasi. Keduanya merupakan pelaku penyerangan dan penusukan terhadap Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Wiranto.
 
"Dua pelaku ini, kita sudah bisa mengidentifikasi dari kelompok JAD Bekasi," kata Budi di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Kamis, 10 Oktober 2029.
 
Abu Rara sempat aktif di jaringan JAD Kediri. Dia kemudian pindah ke Bogor. "Karena cerai dengan istri pertama, ia pindah ke Menes. Dan difasilitasi oleh salah satu Abu Syamsudin," imbuh dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Kapolda Jambi ini mengaku sudah mencium gelagat Abu Rara sejak lama. BIN akan mengembangkan kasus tersebut untuk mengungkap dan menangkap jaringan Abu Rara.
 
"Dari awal sudah disampaikan, kita mendeteksi dari kelompok-kelompok JAD, termasuk saudara Abu Rara," ujar dia.
 
Budi meminta masyarakat aktif mengawasi aktivitas yang mencurigakan di lingkungan mereka.
 
Wiranto diserang orang tak dikenal saat berada di alun-alun Menes Pandeglang, Banten, Kamis, 10 Oktober 2019, sekitar pukul 11.30 WIB. Seseorang berpakaian hitam itu tiba-tiba merangsek pengamanan tak lama setelah Wiranto keluar dari mobil dinasnya.
 
Wiranto yang saat itu baru keluar dari mobil untuk bersalaman dengan warga, langsung terjengkang.
 
Saat itu, Wiranto hendak pulang ke Jakarta usai menghadiri acara peresmian gedung kuliah bersama di Universitas Matlaul Anwar di Kampung Cikaliung, Desa Sindanghayu, Kecamatan Saketi, Banten.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif