Pengunjung memerhatikan karya seni yang dipajang di Museum Slaskie, Katowice, Polandia. Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta.
Pengunjung memerhatikan karya seni yang dipajang di Museum Slaskie, Katowice, Polandia. Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta.

Melihat Sejarah Katowice di Museum Slaskie

Nasional eropa
Dheri Agriesta • 14 Desember 2018 15:38
Katowice: Udara dingin menusuk tulang perlahan hilang saat memasuki bangunan Museum Slaskie di Katowice, Polandia. Bangunan museum terlihat minimalis karena didominasi kaca.
 
Museum Slaskie atau Museum Silesia berada tak jauh dari lokasi penyelenggaraan Konferensi Perubahan Iklim COP24 UNFCCC yang digelar di Katowice sejak 3 hingga 14 Desember 2018. Jarak tempuh antara lokasi penyelenggaraan dan museum sekitar 10 menit berjalan kaki.
 
Museum ini dibangun di bekas lokasi tambang batu bara. Di sekitar museum, sebuah menara berdiri tempat pengunjung bisa melihat pemandangan kota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bangunan museum terlihat begitu modern dan minimalis, dengan paduan baja dan kaca. Memasuki pintu museum, pengunjung diarahkan turun satu lantai menuju penitipan barang dan informasi.
 
Tiket masuk berkeliling museum seharga 24 zloty, setara Rp91.000. Namun, Museum Slaskie gratis dikunjungi setiap Selasa.
 
Pada bagian depan museum, pengunjung disajikan berbagai karya lukis dan patung dari seniman profesional Polandia dan seniman Katowice. Lantai satu ini dibagi menjadi empat seksi sesuai periode karya, dari 1800-an hingga terkini.
 
Namun, di lantai satu terdapat sebuah bagian yang cukup unik. Bagian ini berisi lukisan dan patung yang dibuat para pekerja tambang di Katowice. Para pekerja tambang ini menyempatkan diri membuat beragam karya setelah bekerja delapan jam sehari.
 
Melihat Sejarah Katowice di Museum Slaskie
Karya seni yang dipajang di Museum Katowice, Polandia. Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta
 
Para pekerja tambang ini dikenal sebagai artis lokal Katowice dan sekitarnya. "Mereka mungkin tidak terlalu dikenal di Polandia, tapi cukup tenar di sini," kata salah satu pemandu di museum.
 
Beberapa lukisan terlihat dibuat pada 2000-an. Karya mereka mulai dari lukisan dengan cat air, cat minyak, patung, dan cetak stensil.
 
Turun satu lantai ke bawah, pengunjung diajak merasakan aktivitas penambangan batu bara. Terdapat sebuah pintu berupa replika gerbang masuk tambang batu bara.
 
Begitu masuk ke pintu itu, pengunjung dihadapkan pada layar yang memutar video aktivitas penambang meletakkan kalung khusus di sebuah mesin sebelum masuk ke dalam tambang.
 
Mereka juga memajang perlengkapan yang biasa digunakan para penambang zaman dulu. Penjelasan di museum pun cukup informatif, terdapat artikel dalam lima bahasa, yakni Polandia, Inggris, Jerman, Prancis, dan Rusia.
 
Masuk lebih dalam, pengunjung dapat melihat berbagai mineral yang biasa ditemukan di tambang sekitar Katowice. Pengunjung juga bisa membaca sejarah wilayah yang dijajah Jerman pada perang dunia kedua ini.
 
Pengunjung juga akan dihadapkan dengan potret keluarga bangsawan pertama Katowice. Lantunan musik klasik mengalun selama berada di dalam.
 
Baca: Jadi Latah Nikmati Gelato ala Eat Pray Love
 
Di sini, para pengunjung bisa membaca sejarah tentang kelompok bangsawan yang berkuasa di daerah itu sebelumnya. Pengunjung juga mendapatkan informasi sosok siapa saja yang mendapatkan keuntungan dalam aktivitas tambang di Katowice.
 
Terdapat replika mesin yang digunakan para penambang batu bara. Ruangan ini dilengkapi suara mesin yang sedang bekerja membuat pengunjung serasa berada di dalam tambang sungguhan. Museum juga menyajikan gambaran bangunan dan pakaian masyarakat Katowice masa silam.
 
Ruangan ini berakhir dengan sejarah kontemporer. Museum ini juga menyediakan video singkat yang menceritakan sejumlah legenda urban masyarakat Silesia.
 
Saat Medcom.id berkeliling, Museum Slaskie didominasi pengunjung anak-anak. Mereka adalah rombongan siswa yang sedang berdarmawisata.
 
Mereka terlihat antusias menyaksikan video legenda urban dan permainan mengasah otak yang tersedia di lantai bawah museum. Selain itu, Museum Slaskie juga menyediakan berbagai eksibisi dan penampilan yang dilakukan pada waktu tertentu.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif